People Innovation Excellence
 

Ide Produk atau Ide Bisnis?

by D5485 Kusumah Arif Prihatna Kusumah Arif Prihatna

Produk dan bisnis adalah dua hal yang berbeda. Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjual-belikan, yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar, atau yang dapat memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Produk dapat berbentuk barang, yang dapat dirasakan secara fisik, dapat dimiliki, dan dijual kembali, ataupun dapat berbentuk jasa, yang tidak bisa dimiliki tetapi bisa dirasakan dan dimanfaatkan. Sementara bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan individu atau kelompok dengan menawarkan produk, dalam bentuk barang atau jasa, dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Dari penjabaran tersebut dapat disimpulkan bahwa produk merupakan bagian utama dari bisnis, dan bisnis merupakan upaya untuk menghasilkan keuntungan dari suatu produk. Sehingga untuk bisa mengajukan suatu ide bisnis maka perlu mengajukan suatu ide produk dulu.

Suatu ide produk dapat dianalisis menggunakan Value Proposition Canvas (VPC), suatu alat bantu analisis untuk menentukan suatu produk dalam membantu konsumen menyelesaikan urusannya. VPC membantu menentukan fitur dari produk yang berfungsi sebagai justifikasi terhadap permasalahan yang dihadapi atau dialami pelanggan saat berupaya menyelesaikan urusannya atau berfungsi sebagai justifikasi terhadap harapan atau keinginan yang ingin didapatkan pelanggan saat urusan hendak diselesaikan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close