People Innovation Excellence
 

UMKM Masih “Tahan Banting”? (1)

UMKM Masih “Tahan Banting”?(1)

D6568 – Tofik, S.E., M.M.

Sebelum pandemi COVID-19, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) nasional secara keseluruhan mampu membuktikan sebagai usaha yang “tahan banting” dari berbagai krisis. Namun sejak penyebaran COVID-19 telah memasuki Indonesia di akhir triwulan pertama 2020, ketahanan UMKM tak kuasa menahan terjangan tantangan berat kali ini. Hal tersebut tercermin dari tiga bulan setelah pandemi yang mulai dirasakan menjadi episentrum permasalahan ekonomi Indonesia, sebagai implikasi pembatasan mobilitas masyarakat dan mayoritas industri oleh Pemerintah guna mitigasi penyebaran COVID-19 lebih jauh.

Salah satu cerminan dampak pandemi yang dialami oleh para pelaku UMKM adalah perkembangan laju kredit UMKM di perbankan. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diolah kembali oleh Penulis, kredit UMKM untuk pertama kalinya selama dasawarsa terakhir mengalami kontraksi -0,43% (year on year atau yoy) menjadi Rp1.015,44 triliun per Juni 2020. Kontraksi ini terus berlanjut hingga April 2021. Selama 10 bulan mengalami kontraksi, pertumbuhan terendah kredit UMKM tercatat pada level -2,72% (yoy) yang terjadi di Februari 2021.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close