Mengenal Kapabilitas Inovasi (2)
Mengenal Kapabilitas Inovasi (2)
Oleh Kusumah Arif Prihatna
Kapabilitas Inovasi (Innovation Capability) didefiniskan sebagai kemampuan potensial perusahaan untuk melakukan sesuatu yang dapat menghasilkan inovasi berupa proposisi nilai yang baru dan unik pada produk, proses, atau sistem. Proposisi nilai tersebut berasal dari aktivitas perusahaan dalam mengubah pengetahuan dan ide menjadi suatu produk/ teknologi baru, ataupun meningkatkan produk/ teknologi yang sudah ada menjadi suatu kebaharuan yang ditujukan untuk menghadapi perubahan eksternal atau situasi pasar dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan
Kapabilitas Inovasi harus dipupuk dalam perusahaan sehingga suatu perusahaan dapat terus menerus berinovasi, dimana Kapabiltas Inovasi yang berlandaskan pada pola keterampilan dan pengetahuan pada produk, proses, atau sistem baru dapat diarahkan oleh visi & strategi, pemanfaatan basis kompetensi, kecerdasan organisasi, kreativitas & manajemen ide, struktur & sistem organisasi, budaya & iklim, serta manajemen teknologi yang pada akhirnya menjadi bagian dari rutinitas organisasi sehingga dapat menciptakan dan mengelola inovasi dalam jangka panjang.
Published at :