People Innovation Excellence
 

Langkah Bank Konvensional Melawan Bank Digital

Langkah Bank Konvensional Melawan Bank Digital

D5344 – Hartanto

Dr. Indrawan melalui channel youtubenya menyatakan bahwa bank konvensional tidak bisa serta merta melakukan transformasi menjadi bank digital karena mentransformasi bank tradisional yang sudah mapan untuk jadi bank digital tidak mudah.

Bank-bank besar itu sudah punya Legacy System dan infrastruktur yang tidak bisa begitu saja diubah, perlu  waktu yang lama dan juga belum tentu berhasil, sementara pesaing sudah semakin masuk memakan pasar layanan financial digital. Maka pilihan yang lebih baik adalah membuat bank digital dari awal atau pilihan yang lebih cepat ya mengakuisisi bank kecil dan mengubahnya menjadi bank digital.

Lalu apakah bank konvensional sudah tidak dapat melakukan perubahan dalam era bank digital saat ini?

Menurut website sqnbankingsystems.com/blog/how-to-compete-with-neobanks-and-fintech-companies, bank konvensional masih dapat melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi persaingan dengan bank digital yaitu:

  1. Provide easy to use digital service, yaitu menawarkan rangkaian layanan perbankan online yang kompetitif untuk nasabah.
  2. Support existing customer, yaitu tetap memberikan layanan kepada nasabah yang mereka miliki dengan baik terutama saat mereka sedang membutuhkan bantuan pada situasi seperti pandemi ini.
  3. Be aware of psychological barries, yaitu memberikan dorongan untuk nasabah baru untuk tetap menggunakan layanan perbankan konvensional dengan bahasa yang mudah dipahami.
  4. Reach out to underserved consumers, yaitu dengan memberikan penawaran menarik untuk nasabah yang selama ini belum terlayani sehingga mereka tidak berpindah ke bank lain.
  5. Market to millennials, yaitu memfokuskan marketing yang mereka lakukan ke pasar milenial karena merekalah saat ini pengguna potensial perbankan kedepan.
  6. Offer competitive interest rates, yaitu dengan memberikan dan memasarkan produk bank konvensional dengan rate bunga yang semenarik mungkin.
  7. Increase loan aprroval rates, yaitu dengan melakukan evaluasi kriteria pemberian pinjaman yang mereka miliki sehingga tetap bisa bersaing dengan bank digital baik dari kemudahan maupun kredit.
  8. Promote traditional services, yaitu dengan memberikan layanan terbaik untuk para nasabah yang masih bergantung dan mempercayai layanan yang diberikan oleh bank konvensional.
  9. Improve online security, yaitu dengan meningkatkan kepastian layanan online bahwa mereka berada pada tingkat keamanan digital environment yang tinggi dan dapat diandalkan dengan lebih sering menginformasikan hal tersebut melalui marketing, newsletter dll.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close