People Innovation Excellence
 

Ikan Gabus Hias  ( Ikan Channa ) Yang Sedang Naik Daun di Kalangan Pecinta Ikan Hias

Ikan Gabus Hias  ( Ikan Channa ) Yang Sedang Naik Daun di Kalangan Pecinta Ikan Hias

D5655-Hariyatno, S.E., MMSI

Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: dolak Kapuas Hulu, Kalbar, bocek dari riau, aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.),gabos (Plbg.), rutiang (bahasa minangkabau) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan.namun belakangan ikan ini mulai naik kelas , Ikan channa merupakan salah satu ikan gabus yang saat ini sedang naik daun di kalangan penghobi ikan hias. Coraknya yang indah dan ganas ini menjadi alasan para keepers ikan channa untuk memeliharanya di akuarium. Jika  tertarik untuk memilih ikan channa sebagai tambahan koleksi ikan hias di rumah, salah satunya chana barca merupakan ikan gabus hias yang memiliki bentuk kepala menyerupai ular. Berbeda dengan ikan gabus yang umumnya dikonsumsi, ikan gabus hias ini memiliki corak tubuh yang unik sehingga banyak diminati oleh pecinta ikan hias. Tak heran jika harga ikan channa di pasaran bisa dibilang cukup mahal. Ikan channa barca merupakan jenis ikan channa yang paling populer di kalangan pecinta ikan hias karena keunikan warnanya.Ikan ini memiliki warna tubuh abu-abu terang dengan motif totol yang berwarna hitam. Channa barca juga memiliki sirip punggung lebar yang membuatnya semakin menarik.Bentuknya yang cantik membuat channa barca dijual dengan harga fantastis mencapai puluhan juta Rupiah.namun sebaliknnya indonesia juga memiliki chana unggulan yang tidak kalah adapun Jenis Ikan Channa Asli dari Indonesia , Ikan yang memiliki kepala seperti ular ini memiliki  , di wilayah Indonesia sendiri terdapat 8 jenis ikan channa yang tersebar di perairan tawar seperti di wilayah Kalimantan, Sumantra dan Jawa.sesungguhnya apa yang membuat orang tertarik dengan chana atau gabus hias ini Corak warna menjadi ciri khas dari ikan channa  . Warna yang ditampilkan begitu eksotis dan mampu memikat pencinta ikan hias.tampilan nya yang anggun namun mematikan jika sedang makan, ini membuat para penghobi memburunya tanpa memperdulikan harga, jika Sumber daya alam berupa Gabus hias asal indonesia ini benar benar benar serius di kelola dengan baik,akan memberikan manfaat ekonomi lebih ngga sekedar ikan konsumsi yang dijual kiloan


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close