People Innovation Excellence
 

Daya Tarik Pasar Ikan Hias Jatinegara

Daya Tarik Pasar Ikan Hias Jatinegara

D5655-Hariyatno, S.E., MMSI

Para pedagang ikan hias yang tadinya berjualan di trotoar Jalan Matraman Raya, Jatinegara, Jakarta Timur, kini sudah direlokasi ke Lapangan Jenderal Urip Sumihardjo yang terletak tak jauh dari lokasi lama. di Lapangan Hijau Makorem, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo. Jatinegara, Jakarta Timur menjadi sasaran warga untuk berburu ikan hias.area yang merupakan lapangan sepak bola dialih fungsikan menjadi lapak berjualan ikan hias dan aksesories nya,adapun jam operasional kegiatan nya dimulai dari dini hari hingga subuh jam 5, warga terlihat berjubel mendatangi lapak para pedagang yang kini berjualan di masa pandemi Covid-19 ,yang unik dari pasar ikan ini justru ramai pengunjung pada malam hari.Biasanya pengunjung memarkirkan kendaraanya di pinggir jalan di dekat pasar ikan. Namun, warga yang mendatangi pasar ikan ini diarahkan untuk masuk kendaraannya ke dalam lapangan. “Iya rame bang, sudah 3 mingguan lalu (parkir di lapangan),” kata salah satu petugad parkir yang enggan menyebutkan identitasnya   di lokasi.Para pengunjung berjubel untuk melihat-lihat jenis ikan hias atau perlengkapan akuarium yang dipajang para pedagang. Adapula warga yang terlihat nekat tak mengenakan masker sambil berkerumun melihat ikan-ikan hias, Di tempat yang sama, salah satu penjual makanan di pasar ini menyebut jika waktu berjualan para PKL ini dibatasi dari pukul 23.00 hingga pukul 05.00 WIB.ini bukan berarti pasar ini akan tutup karena disamping yang berjualan dimalam hari hingga pagi .Pengunjung ngga perlu khawatir karena para pedagang ikan hias lainnya yang memiliki lapak permanen disisi lapangan tatap buka, keragam ikan hias dan aksesoris yang dijual ditunjang dengan harga yang negotiable merupakan daya tarik tersendiri,pengunjung dari jakarta dan sekitar nya turut meramaikan pasar tersebut disamping menyalurkan hobi ikan hias dan aquascape,bahkan ada yang hanya sekedar iseng berkunjung kesana.

Akses yang mudah dijangkau juga turut mempengaruhi keinginan orang untuk hanya sekedar mampir atau mencari kebutuhan pemeliharaan ikan hias maupun aqua scape dengan variasi harga yang cukup kompetitif,bahkan disitu ada komunitas ikan hias yang berkumpul, dimana satu sama lain saling berbagi pengalaman ,tukar tambah ,dan saling bantu untuk mensetting aquascape tanpa dimintai uang jasa,asalkan menjadi bagian dari komunitas,sesungguhnya keberadaan pasa ikan hias ini mampu menjawab dan menyerap tenaga kerja,peluang usaha bagi masyarakat kecil


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close