Bisnis bukan hanya marketing
D4527 – Glory Aguzman
Bisnis bila diibaratkan sebuah kereta api, maka berisikan lokomotif dan banyak gerbong. Lokomotif bisa dianggap sebagai unit marketing sedangkan gerbong lainnya merupakan unit human capital, financial, research and development dan lain sebagainya.
Untuk menggerakan sebuah bisnis sudah tentu memerlukan unit marketing karena bisnis dengan komposisi team HRD, FInanciat, IT dan lain sebagainya tidak akan bisa berjalan bila tidak ada lokomotif yang menggerakkannya.
Namun bisnis juga tidak bisa hanya mengandalkan marketing saja, karena bila dalam sebuah team isinya orang-orang marketing maka normalnya tidak akan mampu bertahan dalam persaingan bisnis. Kenapa? Karena dalam berbisnis bukan hanya mampu menjual saja tetapi juga harus memikirkan hal lain misalnya financial yang ada dalam perusahaan. Perusahaan mampu menjual semua produknya dengan cepat oleh team marketing namun bila tidak mampu memperhitungkan hutang dan piutangnya maka bisa saja perusahaan menjadi colaps.
Barang semua habis terjual namun pemasukkan untuk menggerakan operasional dan produksi tidak ada sehingga perlahan dan pasti bisnis akan tutup. Itu baru salah satu contoh unit marketing yang tidak bersinergi dengan unit finance, dengan unit research dan development juga dapt menjadi masalah besar bila tidak ada sinergi yang baik. Barang yang dihasilkan bisa saja menjadi tidak laku bila tidak mempertimbangkan hasil research dan development dari perusahaan. Jadi bisnis harus bersinergi satu dengan lainnya sehingga menjadi semakin kuat, marketing memang penting namun sinergi jauh lebih penting untuk sustainability perusahaan.
Published at :