People Innovation Excellence
 

Bisnis bukan hanya marketing

D4527 – Glory Aguzman

Bisnis bila diibaratkan sebuah kereta api, maka berisikan lokomotif dan banyak gerbong. Lokomotif bisa dianggap sebagai unit marketing sedangkan gerbong lainnya merupakan unit human capital, financial, research and development dan lain sebagainya.

Untuk menggerakan sebuah bisnis sudah tentu memerlukan unit marketing karena bisnis dengan komposisi team HRD, FInanciat, IT dan lain sebagainya tidak akan bisa berjalan bila tidak ada lokomotif yang menggerakkannya.

Namun bisnis juga tidak bisa hanya mengandalkan marketing saja, karena bila dalam sebuah team isinya orang-orang marketing maka normalnya tidak akan mampu bertahan dalam persaingan bisnis. Kenapa? Karena dalam berbisnis bukan hanya mampu menjual saja tetapi juga harus memikirkan hal lain misalnya financial yang ada dalam perusahaan. Perusahaan mampu menjual semua produknya dengan cepat oleh team marketing namun bila tidak mampu memperhitungkan hutang dan piutangnya maka bisa saja perusahaan menjadi colaps.

Barang semua habis terjual namun pemasukkan untuk menggerakan operasional dan produksi tidak ada sehingga perlahan dan pasti bisnis akan tutup. Itu baru salah satu contoh unit marketing yang tidak bersinergi dengan unit finance, dengan unit research dan development juga dapt menjadi masalah besar bila tidak ada sinergi yang baik. Barang yang dihasilkan bisa saja menjadi tidak laku bila tidak mempertimbangkan hasil research dan development  dari perusahaan. Jadi bisnis harus bersinergi satu dengan lainnya sehingga menjadi semakin kuat, marketing memang penting namun sinergi jauh lebih penting untuk sustainability perusahaan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close