People Innovation Excellence
 

STRATEGI MUDAH MEMULAI BISNIS

STRATEGI MUDAH MEMULAI BISNIS

By Roni Heryatno

Saat ini banyak orang mulai berfikir mempunyai usaha untuk menambah pendapatan bulanan. Bahkan pekerja kantoranpun mulai mencari celah untuk bisa mendapatkan sumber penghasilan lain selain gaji bulanan yang diterimanya. Memang alasan seseorang untuk membuka usaha tidak selalu dilandasi oleh keinginan untuk mendapatkan pendapatan lebih, tetapi berbagai macam alasan lain diantaranya untuk sarana aktualisasi diri, mengisi waktu luang, mewujudkan mimpi, mencari pengalaman dan lain sebagainya. Banyak diantara kita yang hanya berani memimpikan punya usaha tetapi belum berani mewujudkan.

Dari pengalaman dari para pebisnis untuk memulai membuka usaha khususnya bagi Anda yang belum berani mewujudkan mimpi membangun usaha, dibawah ini adalah tips tips nya:

  1. Jalankan usaha yang Anda sukai

Menjalan usaha sesuai dengan passion akan membuat Anda bahagia dan rileks. Bahagia akan membuat Anda ringan melangkah bahkan di saat masalah dan hambatan datang melanda dalam menjalankan usaha.

  1. Menyiapkan modal

Modal yang dimaksud disini yaitu mental, knowledge dan uang. Mental yang kuat adalah kunci utama. Yang kedua adalah knowledge dalam menjalankan usaha. Hal ini bisa dipelajari dari membaca buku, browsing atau konsultasi dengan seseorang yang memiliki kemampuan di bidang tersebut. Modal yang terakhir yaitu uang tidak kalah penting sehingga harus dipersiapkan dengan baik.

  1. Cari informasi seputar usaha yang akan di buka

Kemudahan mendapatkan informasi tentang usaha yang akan di buka harus dimanfaatkan dengan baik. Rajinlah membaca informasi seputar bisnis Anda, pelajari dan jangan pernah berhenti belajar. Jika diperlukan mintalah bantuan professional untuk membantu Anda membuka usaha sesuai keinginan Anda.

  1. Tingkatkan Kemampuan Anda

Saat ini banyak sekali komunitas-komunitas melakukan sharing di berbagai media baik itu seminar, workshop atau training, bahkan banyak yang gratis. Bergabunglah di komunitas yang sesuai dengan bidang yang Anda geluti sesuai dengan usaha yang akan di buka. Perkaya kemampuan dan skill sehingga Anda akan kaya informasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha.

  1. Jangan takut gagal

Tidak ada pebisnis yang langsung sukses tanpa melewati sebuah proses kegagalan. Gagal bukan berarti akhir dari segalanya, tetapi memberikan pelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati di kemudian hari. Benar jika ada yang mengatakan bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda, karena dengan kegagalan ini membuat kita semakin dekat dengan kesuksesan. Sugesti diri Anda bahwa gagal itu bisa dan biasa terjadi pada siapa saja, yang terpenting adalah sikap kita dalam menghadapi kegagalan.

  1. Lakukan Evaluasi Berkala

Evaluasi penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kita sudah melangkah, apa yang harus dikurangi atau di tingkatkan. Tanpa adanya evauasi Evaluasi maka mustahil bisa mendapatkan strategi kedepan yang lebih baik.

Salam Entrepreneur (RH)

Sumber:

  1. https://blog.mokapos.com/2018/07/30/ingin-memulai-usaha-dari-nol-hingga-sukses-ini-10-tipsnya
  2. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3915298/18-langkah-sukses-merintis-usaha
  3. https://www.cermati.com/artikel/10-tips-sukses-memulai-bisnis-untuk-pemula-10

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close