Social Enterprise Model Canvas
Social Enterprise Model Canvas
Chairani Putri Pratiwi, B.Sc, M.Si
Social enterprise atau dikenal dengan social business didefinisikan sebagai bisnis yang memiliki tujuan sosial tertentu yang melayani tujuan utamanya. Social enterprise terus berkembang dan tumbuh untuk memberikan dampak sosial, dan mampu mewujudkan goal/ tujuan dengan melibatkan sebanyak mungkin stakeholder. Social enterprise berusaha untuk memaksimalkan keuntungan sambil memaksimalkan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Dalam beberapa kasus, social enterprise dirancang sebagai perusahaan komersial, dengan tambahan memiliki misi dan manfaat sosial. Social enterprise bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan tujuan keuntungan tersebut dapat memajukan sosial atau lingkungan (nirlaba).
Business Model Canvas membantu social enterprise memvisualisasikan elemen kunci dari model bisnis. Namun Business Model Canvas yang diterapkan pada social enterprise harus mampu mengakomodir dan memecah isu/ masalah yang ingin diselesaikan. Business Model Canvas adalah representasi ringkas dari pasar, perusahaan, dan proposisi nilai sebuah bisnis. Bagi social enterprise, model bisnis mereka berfokus pada misi dan didorong oleh dampak sehingga mereka menyusun model bisnis mereka berdasarkan pada misi sosial mereka dan keberhasilan mereka pada dampak sosial / lingkungan yang ingin mereka capai. Tidak seperti perusahaan bisnis, misi pada social enterprise berbeda dimana harus mampu memberikan dampak bagi sosial.
Figure 1. Social Enterprise Model Canvas (socialenterpriseinstitute.co)
Social Enterprise Model Canvas tidak hanya terdiri dari sembilan blok, terdapat 3 blok baru yakni consumer benefit, social innovation dan community reinvestment. Setelah membangun Social Enterprise Model Canvas, selanjutnya menguji validitas model bisnis dengan mengajukan pertanyaan dan menjawabnya berdasarkan kanvas yang telah dibuat dimana disesuaikan dengan misi dari social enterprise. Social Enterprise Model Canvas bertujuan untuk membingkai hipotesis yang kemudian divalidasi dengan pelanggan sampai titik dalam proses validasi di mana social enterprise mampu mewujudkan misi yang mereka miliki dan dampak yang mereka ciptakan.
Referensi :
Sparviero, S. 2019. The Case for a Socially Oriented Business Model Canvas: The Social Enterprise Model Canvas. Journal of Social Entrepreneurship Volume 10, 2019 – Issue 2. DOI: 10.1080/19420676.2018.1541011
https://socialenterpriseinstitute.co/wp-content/uploads/2018/12/Social-Business-Model-Canvas.pdf
Published at :