People Innovation Excellence
 

Social Enterprise Model Canvas

Social Enterprise Model Canvas

Chairani Putri Pratiwi, B.Sc, M.Si

Social enterprise atau dikenal dengan  social business didefinisikan sebagai bisnis yang memiliki tujuan sosial tertentu yang melayani tujuan utamanya. Social enterprise terus berkembang dan tumbuh untuk memberikan dampak sosial, dan mampu mewujudkan goal/ tujuan dengan melibatkan sebanyak mungkin stakeholder. Social enterprise berusaha untuk memaksimalkan keuntungan sambil memaksimalkan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Dalam beberapa kasus, social enterprise dirancang sebagai perusahaan komersial, dengan tambahan  memiliki misi dan manfaat sosial. Social enterprise bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan tujuan keuntungan tersebut dapat memajukan sosial atau lingkungan (nirlaba).

Business Model Canvas membantu social enterprise memvisualisasikan elemen kunci dari model bisnis. Namun Business Model Canvas yang diterapkan pada social enterprise harus mampu mengakomodir  dan memecah isu/ masalah yang ingin diselesaikan.  Business Model Canvas adalah representasi ringkas dari pasar, perusahaan, dan proposisi nilai sebuah bisnis. Bagi social enterprise, model bisnis mereka berfokus pada misi dan didorong oleh dampak sehingga mereka menyusun model bisnis mereka berdasarkan pada misi sosial mereka dan keberhasilan mereka pada dampak sosial / lingkungan yang ingin mereka capai. Tidak seperti perusahaan bisnis, misi pada social enterprise  berbeda dimana harus mampu memberikan dampak bagi sosial.

Figure 1. Social Enterprise Model Canvas (socialenterpriseinstitute.co)

Social Enterprise Model Canvas tidak hanya terdiri dari sembilan blok, terdapat 3 blok baru yakni consumer benefit, social innovation dan community reinvestment.  Setelah membangun Social Enterprise Model Canvas, selanjutnya menguji validitas model bisnis dengan mengajukan pertanyaan dan menjawabnya berdasarkan kanvas yang telah dibuat dimana disesuaikan dengan misi dari social enterprise. Social Enterprise Model Canvas bertujuan untuk membingkai hipotesis yang kemudian divalidasi dengan pelanggan sampai titik dalam proses validasi di mana social enterprise mampu mewujudkan misi yang mereka miliki dan dampak yang mereka ciptakan.

 

Referensi :

Sparviero, S. 2019.  The Case for a Socially Oriented Business Model Canvas: The Social Enterprise Model Canvas. Journal of Social Entrepreneurship Volume 10, 2019 – Issue 2. DOI: 10.1080/19420676.2018.1541011

https://socialenterpriseinstitute.co/wp-content/uploads/2018/12/Social-Business-Model-Canvas.pdf

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close