People Innovation Excellence
 

Bank Digital = Bank Jaman Now

 

Bank Digital = Bank Jaman Now

D5344 – Hartanto, S.E., M.M.

Perkembangan dunia digital yang terjadi saat ini merambah hampir seluruh aktifitas yang kita lakukan, baik aktifitas personal maupun bisnis. Hampir semua kegiatan harian seperti mencari hiburan, mencari kebutuhan pokok hingga belajar dapat tersaji melalui media digital. Hal ini tidak terkecuali dunia keuangan terutama perbankan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak berdiam diri melihat perkembangan yang ada. OJK melalui POJK 12-03-2021, menyatakan bahwa saat ini institusi perbankan tidak hanya bank konvensional yang memiliki fisik cabang dimana-mana namun juga dapat berupa bank digital yang hanya memiliki kantor cabang minimal atau tidak ada cabang dan Kantor Pusat.

Lalu apa kehebatan bank digital? Tidak seperti bank konvensional yang “berjuang” mencari nasabah melalui kantor cabang mereka, bank digital lebih leluasa dan efisien dalam hal cara memperoleh nasabah yaitu melalui aplikasi digital yang saat ini dapat dengan mudah ditemui aplikasinya di smartphone.

Disamping cara memperoleh nasabah, bank digital juga memiliki kelebihan dibanding bank konvensional yaitu dapat menawarkan bunga tabungan yang lebih tinggi. Mengapa demikian? Hal ini dapat terjadi karena sistem kerja bank digital yang lebih efisien (tidak ada biaya untuk kantor cabang, pegawai cabang, biaya operasional cabang dan bahkan tidak ada biaya maintenance mesin ATM). Bila bank konvensional menawarkan bunga tabungan berkisar 1% – 3% per tahun, maka bank digital berani untuk memberikan bunga tabungan hingga 7% – 8% per tahun untuk masa waktu tertentu.

Lalu hal lain yang menjadi kelebihan bank digital adalah dibebaskannya biaya-biaya yang selama ini dibebankan ke nasabah seperti biaya pemeliharaan rekenin, biaya dibawah saldo minimum, biaya admin kartu perbulan dan juga meniadakan setoran minimum yang harus dilakukan nasabah pada tabungan bank konvensional.

Dari semua kelebihan tersebut, ditambah pula dengan kemudahan melakukan pembukaan rekening tanpa harus datang ke kantor cabang. Hanya dalam beberapa menit nasabah sudah dapat memiliki rekening menggunakan smartphone mereka sendiri. Fleksibilitas dan kemudahan yang ditawarkan oleh bank digital menjadi keunggulan utama bank tersebut mudah diterima dimasyarakat.

Apa saja contoh bank digital? Beberapa contoh bank digital yang menonjol antara lain:

  1. Jenius – Bank
  2. Jago – Bank
  3. SeaBank – Bank SeaBank Indonesia. …
  4. TMRW – Bank UOB. …
  5. Blu – Bank BCA. …
  6. neobank – Bank Neo Commerce. …
  7. digibank – Bank DBS Indonesia. …
  8. Wokee+ – Bank Bukopin

Dan lain-lain


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close