Penerapan Opening Strategy pada Bisnis Restoran di luar Pusat Perbelanjaan.
by. D6560- Nedi
Menurut data Statistik Penyediaan Makanan dan Minuman 2018 oleh Badan Pusat Statistik Pusat (www.bps.go.id), ada sebanyak 7.680 Restoran di Indonesia dan 3.021 berada di DKI Jakarta. Di saat ini banyak calon dan Entrepreneur muda yang tertarik untuk berbisnis di bidang kuliner, sehingga mengetahui strategi yang tepat untuk memulai dan memajukan bisnis tersebut menjadi hal yang penting.PENDAHULUAN
Banyaknya bisnis Restoran yang tutup sejak September 2020, yaitu sekitar 1.033 restoran yang tutup permanen menurut Bapak Sutrisno Iwantono selaku Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta (https://www.cnbcindonesia.com/news/20210205211936-4-221442/1033-resto-tutup-total-di-ri-bertambah-seratusan-tiap-bulan). Selain disebabkan oleh Pandemi Covid-19 dan pembatasan pergerakan orang, juga disebabkan karena kalah bersaing dalam strategi pemasarannya. Hal ini lah yang akan kita bahas lebih lanjut.
METODOLOGI
Metodologi yang digunakan saat ini, masih pada tahap observasi saja, untuk selanjutnya akan lebih ditingkatkan metodologi lainnya.
- RUANG LINGKUP DAN CAKUPAN
Membahas khusus Restoran yang di luar pusat perbelanjaan/Mal dan di area Jakarta. Kenapa di luar pusat perbelanjaan? Karena di dalam pusat perbelanjaan sudah ada pelanggan/traffic yang diciptakan oleh Pusat perbelanjaan tersebut. Area Jakarta yang dipilih dikarenakan jumlah Restoran yang ada di DKI Jakarta sudah mengontribusi 39% dari Restoran yang ada di data Statistik Penyediaan Makanan dan Minuman 2018 oleh Badan Pusat Statistik Pusat. Titik berat dari penelitian nantinya hanya pada 1 bulan sebelum pembukaan restoran dan 3 bulan setelah pembukaan restoran tersebut.
KONSEP DAN DEFINISI
Restoran adalah usaha mencakup jenis usaha jasa pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan permanen yang menjual dan menyajikan makanan dan minuman untuk umum, baik dilengkapi peralatan/perlengkapan untuk proses pembuatan dan penyimpanan.
Opening Strategy, adalah strategi pemasaran yang diterapkan khusus disaat restoran tersebut akan dan 1-2 bulan setelah pembukaan. Melalui tahapan berikut:
- Tahap Persiapan
- Tahap Perkenalan ke Konsumen sebelum Pembukaan
- Tahap Perkenalan ke Konsumen saat Pembukaan
- Tahap konsumen mencoba/transaksi
- Tahap Konsumen mengulang/repeat transaksi.
KESIMPULAN
Setiap proses di rencanakan, diukur dan di evaluasi sehingga konsumen akan lebih cepat mengenal dan menjadi konsumen setia dari Restoran tersebut.
www.bps.go.id
https://www.cnbcindonesia.com/news/20210205211936-4-221442/1033-resto-tutup-total-di-ri-bertambah-seratusan-tiap-bulan
Published at :