People Innovation Excellence
 

Peluang Bisnis Porang

Peluang Bisnis Porang

Agung Hari Sasongko – D4527

Salah satu tanaman jenis umbi-umbian yang memiliki nilai strategis untuk diekspor adalah porang. Porang merupakan salah satu tumbuhan dari famili Araceae atau talas-talasan yang banyak tumbuh di Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir ekspor porang mengalami peningkatan yang sangat besar, dan di tahun 2020 nilai ekspor porang mencapai Rp. 1,42 Triliun dari 32.000 ton yang di ekspor ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia dan lain sebagainya. Bila dibandingkan dengan tahun 2019, ekspor porang ini mengalami peningkatan sebesar 160%.

Awal mulanya ekspor porang bisa dibilang dimulai pada tahun 2006 dan 2007 dimana China dan Jepang yang dikenal sebagai produsen utama sempat terserang virus yang menyebabkan sulit memproduksi sehingga memilih porang dari Indonesia sebagai alternatif. Orang-orang yang biasanya mendapatkan porang dari China dan Jepang mulai kekurangan stock sehingga akhirnya memilih porang dari Indonesia. Terbukanya pasar ekspor oleh pemerintah dirasakan sangat bagus dan saat ini bahkan ekspor porang Indonesia sudah mulai ke Eropa dan yang menjadi tantangan adalah mempertahankan agar kualitas dan harga porang tetap kompetitif sehingga petani semakin bersemangat untuk bercocok tanam.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close