People Innovation Excellence
 

Modal Sosial (1)

Modal Sosial (1)

D5368 – Glory Aguzman

Modal adalah konsep ekonomi untuk elemen produksi nyata yang dapat dibuat melalui investasi dan digunakan saat dibutuhkan. Bagaimana ini bisa berhubungan dengan istilah ‘sosial’ yang tidak dapat ‘habis’, dan itu luas dan tidak berwujud; melibatkan kepercayaan, nilai, dan emosi? (Foxton & Jones, 2011). Menurut (Nahpiet & Sumantra Ghosal, 2013) struktural modal adalah sumber daya gabungan dari properti dan pola jaringan sosial. Modal ini menjelaskan pola bagaimana pihak-pihak terhubung satu sama lain, seberapa padat mereka terhubung, dan pada tingkat apa mereka terhubung dengan pihak lain.

Inti dari modal sosial adalah menjadi sosial memiliki manfaat dan ini  bukan penemuan baru, atau sesuatu yang seharusnya membutuhkan istilah untuk menangkap atau mengomunikasikan maknanya (Strömgren, Eriksson, Bergman, & Dellve, 2016). Manusia pada dasarnya makhluk sosial. Kita telah berevolusi menjadi makhluk sosial dan itu adalah karakteristik yang menentukan apa artinya menjadi manusia. Modal Sosial dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam mencapai sebuah pencapaian yang memberikan pengakuan, kepercayaan vertikal, kepercayaan horisontal dan timbal balik untuk kepuasan kerja (Strömgren et al., 2016). Bourdieu dalam Simon (2018) mengungkapkan bahwa modal sosial adalah agregat dari sumber daya aktual atau potensial yang terkait dengan kepemilikan jaringan yang tahan lama dari hubungan yang lebih atau kurang dilembagakan, kenalan dan pengakuan bersama-sama atau dengan kata lain, dengan keanggotaan dalam suatu kelompok.

Istilah modal sosial awalnya muncul dalam studi masyarakat yang menyoroti pentingnya jaringan yang kuat, hubungan silang yang dikembangkan dari waktu ke waktu yang menciptakan  kepercayaan, kerjasama, dan tindakan kolektif dalam komunitas (Jacobs, 1961). Menurut Nahapiet & Sumantra (2013) struktural modal sosial adalah sumber daya gabungan dari properti dan pola jaringan sosial. Modal ini menjelaskan pola bagaimana pihak-pihak terhubung satu sama lain, seberapa padat mereka terhubung, dan pada tingkat apa mereka terhubung dengan pihak lain. Dalam konteks eksplorasi terhadap peran modal sosial dalam penciptaan modal intelektual, ada aspek-aspek yang merupakan dimensi dari modal sosial yaitu dintaranya: dimensi struktural, relasional, dan kognitif modal sosial (Nahapiet & Sumantra, 2013;Krause, Handfield, & Tyler, 2007).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close