People Innovation Excellence
 

Keunikan porang dari Sumatera

Keunikan porang dari Sumatera

Agung Hari Sasongko – D4527

Bisnis porang saat ini bisa dikatakan booming di tanah air. Bila kita ingin berbisnis porang dan memiliki orientasi ekspor, maka agar dapat bersaing di luar negeri, dalam memproduksi porang harus diperhatikan kualitas dari porangnya dan memiliki keunikan sehingga menarik minat dari produsen. Salah satu daerah penghasil porang yang memiliki keunikan adalah dari daerah Sibolga, Tapanuli Tengah Sumatera Utara.

Porang dari daerah ini memiliki ukuran yang tidak biasa, dimana memiliki rata-rata berat hingga 50-100 kilogram. Ukuran ini yang menjadi daya tarik dari importir asal negara China, Thailand dan Vietnam karena selain memiliki ukuran yang besar juga memiliki serat yang tinggi dan kandungan glukoman yang lebih tinggi.  Berdasarkan tulisan dalam artikel media online, porang raksasa unik dari Sumatera Utara memiliki nilai Rp. 7,2 Miliar dan menembus pasar ke tiga negara.

Selain melakukan ekspor porang dengan kualitas besar, yang menarik dari peteni di Sumatera Utara adalah keinginan dari daerah asal yang memiliki perencanaan untuk melakukan ekspor tidak dalam bentuk bahan mentah tetapi minimal barang setengah jadi agar memiliki nilai tambah seperti dalam bentuk ramen dan tepung.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close