Penjualan Pribadi ( Personal Selling )
Pengertian personal selling menurut Kotler yang diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A Rusly (2002 : 313) Personal selling adalah sebuah penawaran yang diakukan secara lisan untuk melakukan penawaran kepada calon konsumen supaya dapat menciptakan suatu hubungan baik dan menciptakan suatu penjualan antara kedua pihak. Menurut Sistaningrum (2006:100) dalam Dellamita, Fauzi, dan Yulianto (2014), adalah bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Pendapat lain yang dikemukakan oleh Okyere, Agypong, dan Nyarku (2011) dalam Ering dan Pandowo (2015) menyatakan bahwa Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dengan menganalisa spesifikasi keperluan dan masalah yang diperlukan konsumen dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk tersebut serta memberikan presentasi yang akan pengetahuan dari yang dibutuhkan.
Berdasarkan dari pengertian yang ada di atas dapat diketahui bahwa penjualan pribadi adalah melakukan penjualan secara langsung kepada calon konsumen. Penjualan pribadi ini dilakukan dengan memberikan penawaran terhadap pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan tanpa adanya hubungan dengan penawaran dari iklan karena memberikan penjelasan secara langsung ke pembeli dengan mengindentifikasikan keperluan yang dinginkan konsumen.
Published at :