Fandy Tjiptono dalam bukunya yang berjudul Strategi Pemasaran (2008:232) yang mengungkapkan pengertian Direct marketing adalah salah satu sistem pemasaran yang bersifat interaktif dengan memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon konsumen yang terukur dengan transaksi di sembarang lokasi yang beraneka ragam. Pendapat yang serupa mengenai pemasaran langsung dikemukan dalam buku Principles of Marketing 15th  adalah pendekatan secara langsung dengan calon konsumen yang telah ditargetkan sesuai dengan segmentasi dari poduk yang akan ditawarkan, pendekatan ini dapat dilakukan terhadap konsumen individu, interaksi antar individu (Kotler dan Amstrong, 2014 : 516).

Berdasarkan dari pengertian yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran langsung adalah pendekatan yang dilakukan secara langsung untuk menawarkan produk kepada calon konsumen yang ditargetkan sesuai dengan segmentasi yang telah ada, penawaran ini dapat dilakukan secara individu maupun dengan memanfaatkan media iklan di berbagai lokasi.