Klasifikasi Produk (Part 1)
Klasifikasi Produk
Edwin Joyo Hutomo – D5472
Menurut pendapat dari (Kotler & Amstrong, 2015) ada beberapa jenis produk, antara lain:
Produk Konsumsi
Produk konsumsi merupakan seluruh produk yang dipakai oleh konsumen tingkat akhir (end user). Dengan sebutan lain, produk itu tak dijual kembali namun akan langsung digunakan oleh konsumen.
Produk konsumsi ini juga bisa dikelompokkan ke dalam beberapa bagian, antara lain:
1. Produk Kebutuhan Sehari – hari (Convenience Goods)
Merupakan produk yang amat dibutuhkan serta mudah habis apabila dipakai. Sehingga
sering kali dibeli oleh para konsumen.
Contoh: Bahan makanan, minuman, sabun cuci, sabun mandi, atau yang lainnya.
2. Produk Belanjaan (Shooping Goods)
Merupakan suatu produk yang dapat dibeli dengan cara membandingkan antara satu produk
beserta dengan produk yang lainnya sejenis. Baik itu dari sisi harga, spesifikasi, kualitas,
serta kualitasnya.
Contoh: Televisi, sepatu, smartphone, laptop, dan yang lainnya.
3. Produk Khusus (Specialty Goods)
Merupakan suatu produk yang mempunyai ciri atau karakteristik khusus yang mempunyai kesan mewah serta istimewa. Yang mana sekelompok konsumen bersedia untuk membayar dengan harga tinggi untuk dapat memperoleh produk tersebut.
Contoh: Sepatu special edition, smartphone mewah, perhiasan, mobil mewah, maupun
produk limited edition.
4. Produk yang tidak terpikirkan (Unsought Goods)
Merupakan suatu produk yang tak diketahui oleh para konsumen. Bahkan apabila diketahui oleh konsumen, mereka belum tentu akan tertarik untuk membelinya.
Contoh: Peti mati, tanah pemakaman, batu nisan, dan yang lainnya.
Published at :