Tips Berguna untuk Membangun Strategi Pemasaran di Media Sosial
Tips Berguna untuk Membangun Strategi Pemasaran di Media Sosial
Oleh: D5329 – Adhi Bawono
Pemasaran media sosial bisa sangat bagus untuk mempromosikan berbagai produk dan layanan yang berbeda dan dapat menumbuhkan perusahaan dan merek dengan cepat.
Ketahui Siapa yang Anda Coba Jangkau
Bagian terpenting dari strategi pemasaran media sosial adalah mengetahui target pasar. Mereka adalah individu yang Anda rasa paling diinginkan atau paling membutuhkan produk Anda dan kemungkinan besar akan berubah menjadi pelanggan. Saat meneliti target pasar Anda, pastikan untuk melihat hal-hal seperti usia mereka, pendidikan mereka, jenis kelamin mereka, hobi dan minat mereka dan beberapa hal lainnya.
Menyadari target Anda dapat membuat lebih mudah untuk membuat konten yang akan mereka nikmati atau temukan nilainya. Jika Anda hanya membuat asumsi tentang target tanpa melakukan penelitian apa pun, kesuksesan Anda (jika ada) kemungkinan besar akan terbatas. Anda memiliki banyak sekali data di luar sana yang dapat Anda gunakan, jadi sebaiknya Anda menggunakannya.
Waspadai Manfaat dan Kerugian dari Berbagai Platform
Selanjutnya, Anda perlu memikirkan tentang platform media sosial itu sendiri. Meskipun strategi pemasaran Anda dapat mencakup berbagai platform, Anda perlu menguraikan manfaat dan kelemahan dari berbagai platform. Beberapa konten pasti akan berkinerja lebih baik pada platform tertentu daripada yang lain. Anda perlu mengingat hal ini saat membuat konten untuk platform tertentu.
Misalnya, YouTube dan TikTok mungkin paling baik untuk video, Instagram untuk gambar dan Facebook atau Twitter sering kali paling baik untuk teks. Selain itu, pastikan juga untuk memanfaatkan fitur tertentu yang disertakan pada platform berbeda, seperti Instagram Stories.
Setelah Anda mengetahui tentang manfaat dan kekurangan platform, Anda dapat membuat konten yang disesuaikan dan menarik untuk platform tersebut. Jika Anda membuat satu konten dan menyebarkannya ke semua platform dan saluran Anda yang berbeda, itu tidak akan seefektif itu.
Jangan Lupa Menganalisis Hasil
Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa pekerjaan telah selesai setelah strategi atau kampanye Anda berjalan dengan semestinya, itu tidak terjadi. Anda perlu melihat ke belakang dan menganalisis bagaimana strategi itu bekerja. Pemasar harus melihat apa yang berhasil, apa yang dapat ditingkatkan dan cara lain agar konten dapat dioptimalkan.
Anda harus mengetahui metrik yang tepat untuk dilacak dan dianalisis, karena metrik tersebut dapat membantu Anda menilai keberhasilan strategi Anda. Ini bisa dijangkau, jumlah suka yang didapat sebuah posting, berapa banyak pelanggan yang dibuat konten, interaksi sosial atau beberapa metrik lain yang dapat menjadi penting untuk pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.
Menyempurnakan strategi Anda dari waktu ke waktu adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pemasaran dan ROI Anda. Selain itu, media sosial selalu berkembang, jadi memperlakukan strategi Anda sebagai dinamis dan bukan statis pada umumnya adalah cara yang harus dilakukan.
http://www.cofmag.com/2020/07/useful-tips-to-build-your-social-media-marketing-strategy/
Published at :