Strategi Media Sosial: 5 Cara untuk Melakukannya dengan Benar (Part.3)
Strategi Media Sosial: 5 Cara untuk Melakukannya dengan Benar (Part.3)
Oleh: Adhi Bawono
- Apa dan kapan Anda berbagi selalu merupakan pertanyaan yang bagus
Apa yang akan dibagikan adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan dengan cermat. Untuk bisnis atau lembaga nonprofit , mungkin lebih baik memilih konten yang lebih lugas untuk dibagikan. Apa pun yang Anda lakukan, yang akan dibagikan adalah memposting konten yang bernilai. Selain itu, dalam konten yang Anda bagikan, sangatlah penting untuk menjadi otentik sebagai sebuah merek.
Hal teratas lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah kapan harus memposting. Terus terang, kami telah menemukan bahwa ini sedikit ilmu dan seni. Namun, ada penelitian di luar sana tentang waktu terbaik untuk memposting di media sosial. Seperti yang dijelaskan oleh Buffer, pendekatan terbaik adalah memahami perilaku audiens Anda. Misalnya, jika bisnis Anda terkait dengan olahraga, sebagian besar penggemar langsung bersosialisasi sebelum, selama, dan setelah acara olahraga. Wisatawan cenderung menggunakan media sosial pada akhir pekan. Jadi, strategi media sosial harus memasukkan realitas ini, dan setiap audiens berbeda. Namun demikian, kenali audiens Anda!
- Perhatikan strategi sosial pesaing Anda
Sama seperti yang Anda lakukan saat mengembangkan rencana bisnis, Perlu dilakukan juga untuk strategi media sosial. Dengan kata lain, Anda harus tahu apa yang dilakukan pesaing Anda di sosial. Dengan mengawasi akun media sosial pesaing Anda, Anda melihat secara langsung seberapa baik — atau tidak — mereka melakukannya. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana melakukan analisis persaingan di media sosial, Anda beruntung.
Salah satu alasan penting mengapa memahami pesaing Anda sangat penting, selain mengetahui apa yang mereka posting, adalah karena hal itu memungkinkan Anda untuk melihat peluang. Misalnya, Anda mungkin mendapati Facebook sudah jenuh dengan pesaing Anda. Tapi, mungkin bisnis Anda terkait dengan fotografi, Instagram, dan bahkan Pinterest bisa menjadi peluang bagus bagi Anda untuk memfokuskan strategi sosial Anda. Meluangkan waktu untuk menangani pesaing memberi Anda kesempatan untuk melihat jalan yang mungkin tidak Anda pertimbangkan.
- Metrik untuk menilai kesuksesan Anda dan area untuk peningkatan
Terakhir, metrik dan data memberi Anda wawasan yang Anda butuhkan untuk memastikan keberhasilan strategi media sosial Anda. Selain itu, ketika Anda melihat dan mengevaluasi informasi, Anda memiliki kesempatan untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan. Dan, itu kemudian menawarkan Anda kesempatan untuk membuat penyesuaian dan penyesuaian. Untuk media sosial, salah satu item penting yang ingin Anda pahami di situs jejaring sosial apa pun adalah jangkauan posting Anda. Anda mungkin tahu bahwa jangkauan organik terus menurun. Terus terang, itu akan terus berlanjut karena perusahaan teknologi mendorong pemasar untuk membayar. Oleh karena itu, membayar untuk meningkatkan atau mensponsori konten yang sangat baik dari situs Anda adalah pendekatan yang sangat baik untuk memperluas jangkauan Anda ke audiens target Anda.
Namun, ada hal lain yang juga harus Anda pertimbangkan. Misalnya, Anda ingin mengetahui keterlibatan Anda, yaitu jumlah interaksi dengan apa yang Anda posting. Dan, yang diperlukan untuk performa strategi media sosial yang baik adalah memiliki rasio yang solid dengan membagi interaksi sosial dengan jumlah orang yang melihat postingan Anda. Ini penting, misalnya, agar Anda memahami jika orang-orang peduli dengan konten dan menanggapinya sehingga Anda dapat melakukan koreksi jalur jika perlu. Selain itu, Anda ingin mengetahui jumlah klik untuk merek perusahaan Anda (corong penjualan) dan konten (keterlibatan). Untungnya, ada banyak alat manajemen media sosial yang sangat baik serta analitik asli untuk membantu Anda memahami informasi ini secara mendetail.
Singkatnya, dengan meluangkan waktu untuk mendapatkan rencana strategi media sosial yang terperinci dan unik, keterlibatan dan penjualan akan meningkat untuk bisnis Anda.
Published at :