Packaging dalam Bisnis
Packaging dalam Bisnis
Agung Hari Sasongko, ST., MM
Packaging produk atau kemasan yang menarik dan unik memiliki kecenderungan kesan positif disisi konsumen dan akan sangat berpengaruh terhadap penjualan dan daya saing sebuah produk di pasaran. Pemberian kemasan pada suatu produk dapat memberi tiga manfaat utama, yaitu komunikasi (sebagai media pengungkapan informasi produk kepada konsumen meliputi cara menggunakan produk, komposisi produk dan informasi khusus seperti efek samping, frekuensi pemakaian yang optimal dan lain-lain), fungsional (seringkali memastikan peranan fungsional yang penting seperti memberikan kemudahan, perlindungan dan penyimpanan; contohnya pasta gigi mengubah kemasan menjadi pump dispenders untuk memudahkan penggunaannya) dan perseptual (menanamkan persepsi tertentu seperti Aqua diberi kemasan yang berwarna biru muda untuk memberi persepsi bahwa produknya segar dan sehat).
Pengemasan merupakan proses yang berkaitan dengan perancangan dan pembuatan wadah atau pembungkus untuk suatu produk. Tujuan dari penggunaan kemasan antara lain :
- Sebagai pelindung
Misalnya dari kerusakan, kehilangan, berkurangnya isi dan lain sebagainya
- Memberikan kemudahan dalam penggunaan
Misalnya agar minuman/makanan tidak tumpah, sebagai alat pemegang, mudah menyemprotkan pada obat nyamuk, parfum dan lain-lain
- Bermanfaat dalam pemakaian ulang
Misalnya untuk diisi Kembali atau untuk wadah lain
- Memberi daya Tarik
Yaitu aspek artistik, warna, bentuk maupun desainnya
- Sebagai identitas
Misalnya berkesan kokoh, lembut atau mewah
- Distribusi
Misalnya mudah disusun, dihitung dan ditangani
- Informasi
Yaitu menyangkut isi, pemakaian dan kualitas
- Cermin inovasi produk
Berkaitan dengan kemajuan teknologi dan daur ulang
Published at :