Merek dalam Bisnis
Merek dalam Bisnis
Agung Hari Sasongko, ST., MM
Merek memegang peranan penting dalam pemasaran dimana merek berkaitan erat dengan persepsi sehingga sesungguhnya persaingan yang terjadi anatar perusahaan adalah pertarungan persepsi dan bukan sekedar pertarungan produk.
Menurut Wikipedia merek adalah tanda yang dikenakan oleh pengusaha (pabrik, produsen dan sebagainya) pada barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal. Sedangkan menurut American Marketing Association (AMA) merek adalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol, atau desain, atau kombinasi hal-hal tersebut, untuk mengidentifikasi barang dan jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakannya dari pesaing lain.
Pada dasarnya suatu merek juga merupakan janji penjual untuk secara konsisten menyampaikan serangkaian ciri-ciri, manfaat, dan jasa tertentu kepada para pembeli. Merek sendiri digunakan untuk beberapa tujuan, yaitu:
- Sebagai identitas yang bermanfaat dalam membedakan produk perusahaan dengan pesaingnya, dan merek akan memudahkan pelanggan/konsumen dalam memilih produk saat melakukan pembelian.
- Alat promosi dimana merek dapat menjadi daya Tarik untuk pelanggan.
- Untuk membina citra dengan memberikan jaminan kualitas, keyakinan dan prestise kepada pelanggan
- Untuk mengendalikan pasar
Agar suatu merek dapat mencerminkan makna yang ingin disampaikan, berikut beberapa persyaratan yang harus diperhatikan: khas/unik, menggambarkan sesuatu mengenai manfaat produk dan pemakaiannnya, menggambarkan kualitas produk, mudah diucapkan, dikenali dan diingat, tidak boleh mengandung arti yang buruk di negara dan dalam Bahasa lain, harus dapat menyesuaikan diri dengan produk-produk baru yang mungkin ditambahkan ke dalam lini produk.
Published at :