Membina Pelanggan Bisnis Kopi
Membina Pelanggan Bisnis Kopi
Agung Hari Sasongko, ST., MM
Mencari pelanggan baru membutuhkan biaya yang tinggi sehingga diperlukan usaha-usaha marketing yang terencana dengan sangat baik di dalam bisnis kopi. Dengan melakukan strategi Business to Customer yang dilakukan adalah menjual langsung kepada pelanggan melalui sosial media, aplikasi ojek online maupun melakukan penjualan di toko offline.
Untuk strategi Business to Business yang dilakukan adalah dengan cara menjual kepada reseller dengan harga yang kompetitif karena mendapatkan bahan baku dari sumbernya langsung. Harga kompetitif ini tentunya dengan kesepakatan dan ketentuan yang disepakati bersama.
Agar pelanggan membeli produk yang ditawarkan maka pebisnis kopi selalu melakukan promo dan disetiap bulan memberikan customer card untuk mendapatkan potongan harga dan
bila ada pelanggan yang ingin bertanya mengenai produk maka dijelaskan produknya sesuai dengan pertanyaan yang akan ditanya oleh pelanggan, dan juga akan merekomendasikan produk yang tepat untuk mereka dan menjelaskan value bisnis ke konsumen.
Jika pelanggan ingin membeli produk yang ditawarkan, maka dapat langsung dibeli di offline store dan dapat juga dipesan online di GOFOOD dan GRABFOOD dan produk biji kopi dapat dipesan melalui Instagram dan Tokopedia. Untuk strategi yang akan dilakukan untuk menjadikan pelanggan loyal yaitu dengan tetap menjaga komunikasi dengan konsumen dengan baik, memberikan potongan harga di event tertentu sampai memberikan mereka produk dengan gratis.
Published at :