People Innovation Excellence
 

Bisnis Hand Sanitizer disaat Pandemi

Bisnis Hand Sanitizer disaat Pandemi

Agung Hari Sasongko, ST., MM

Kondisi pandemi merupakan salah satu alasan utama pembuatan usaha bisnis ini oleh mahasiswa mata kuliah entreprenurship ENTR6004 Elisabeth Natasha dan teman-temannya. Selama masa pandemi, semua masyarakat harus selalu memastikan dan menjaga kebersihan diri masing-masing, terutama saat berpergian keluar. Aksi mencuci tangan menjadi salah satu aksi yang digalakkan oleh pemerintah agar setidaknya bisa mengurangi tingkat korban akibat virus Covid-19. (Badrie, 2020) Namun selain mencuci tangan, terdapat alternatif lain yang dapat dilakukan agar terhindar dari virus ketika sedang bepergian ke tempat umum namun tidak bisa mencuci tangan. Alternatif tersebut adalah selalu membawa hand sanitizer di dalam tas. Hand sanitizer merupakan cairan gel berbasis alkohol yang bisa mengurangi patogen di tangan. Berbagai jenis dan merk hand sanitizer pun menjadi laku di pasaran karena menjadi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Berdasarkan hasil observasi kami, ada beberapa kendala yang dialami karena kebiasaan baru ini yaitu kebiasaan lupa membawa atau menaruh hand sanitizer dan kesusahan dalam mencari hand sanitizer di dalam tas yang menyebabkan kuman di tangan bisa mengkontaminasi barang-barang lainnya yang ada di dalam tas. Kendala ini umumnya terjadi pada perempuan yang seringkali berganti tas sehingga lupa dimana hand sanitizernya berada. Oleh karena itu kami ingin membuat sebuah produk yang bisa menjadi solusi dalam permasalahan tersebut.

Produk tersebut adalah hand sanitizer holder. Hand sanitizer holder merupakan tas hand sanitizer yang terbuat dari kain yang dapat digantung pada resleting atau pada sisi tas sehingga mempermudah orang dalam membawa hand sanitizer ketika berpergian keluar. Kami memberikan nama sani.sani yang berawal dari kata ‘sanitizer’ yang berarti bersih. Selain itu, produk kami juga ramah lingkungan karena menggunakan kain dan dapat dicuci. Berdasarkan observasi tersebut, pangsa pasar kami adalah wanita yang merupakan pelajar, mahasiswa maupun pekerja yang masih membutuhkan aktivitas di luar rumah dalam melakukan kegiatannya sehari-hari.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close