10 Revenue Model Populer Startup ( Part. 2)
10 Revenue Model Populer Startup ( Part. 2)
Oleh : Adhi Bawono
Jenis Model Pendapatan
Ada banyak jenis model pendapatan, jadi daftar ini sama sekali tidak mencoba mencantumkan semuanya, terutama karena begitu banyak dari mereka menggunakan nama lain di komunitas startup. Namun, di bawah ini adalah sepuluh model pendapatan paling populer dan efektif yang digunakan oleh perusahaan, baik besar maupun kecil.
Artikel Genadinik, “ Model Pendapatan Berbeda ”, membahas beberapa model pendapatan yang lebih umum yang digunakan oleh banyak startup yang baru diluncurkan untuk menghasilkan penjualan pertama mereka. Berikut adalah model pendapatan yang dia bahas di bawah ini:
- Model Pendapatan Berbasis Iklan
Model pendapatan berbasis iklan memerlukan pembuatan iklan untuk situs web, layanan, aplikasi, atau produk tertentu lainnya, dan menempatkannya di saluran strategis dengan lalu lintas tinggi. Jika perusahaan Anda memiliki situs web atau Anda memiliki perusahaan berbasis web, Google AdSense adalah salah satu alat paling umum untuk mendapatkan iklan. Untuk sebagian besar situs web, AdSense akan menghasilkan sekitar $ 5-10 per 1.000 tampilan halaman.
Keuntungan : Menghasilkan uang dari iklan adalah salah satu cara termudah dan termudah untuk menerapkan model pendapatan, itulah sebabnya banyak perusahaan memanfaatkan iklan sebagai sumber pendapatan.
Kekurangan : Untuk menghasilkan pendapatan yang cukup untuk menahan bisnis, Anda perlu menarik jutaan pengguna. Selain itu, kebanyakan orang menganggap iklan mengganggu, yang dapat menyebabkan rasio klik-tayang rendah, dan karenanya, menurunkan pendapatan.
- Model Pendapatan Afiliasi
Model pendapatan berbasis web populer lainnya adalah model pendapatan afiliasi, yang bekerja dengan mempromosikan tautan ke produk yang relevan dan mengumpulkan komisi atas penjualan produk tersebut, dan bahkan dapat bekerja bersama dengan iklan atau secara terpisah.
Keuntungan : Salah satu manfaat paling jelas dari menggunakan model pendapatan afiliasi adalah umumnya menghasilkan lebih banyak uang daripada model pendapatan berbasis iklan.
Kekurangan : Jika Anda menggunakan model pendapatan afiliasi untuk startup Anda, ingatlah bahwa jumlah uang yang Anda hasilkan terbatas pada ukuran industri Anda, jenis produk yang Anda jual, dan audiens Anda.
- Model Pendapatan Transaksional
Perusahaan yang tak terhitung jumlahnya, baik yang berorientasi pada teknologi maupun lainnya, berusaha untuk mengandalkan model pendapatan transaksional, dan untuk alasan yang baik juga. Metode ini adalah salah satu cara paling langsung untuk menghasilkan pendapatan, karena memerlukan perusahaan yang menyediakan layanan atau produk dan pelanggan membayarnya.
Keuntungan : Konsumen lebih tertarik pada pengalaman ini karena kesederhanaannya dan rangkaian pilihan yang lebih luas.
Kekurangan : Karena keterusterangan model pendapatan transaksional, banyak perusahaan menerapkannya sendiri, yang berarti lebih banyak persaingan dan penurunan harga, dan oleh karena itu, lebih sedikit uang yang dihasilkan untuk semua orang yang menggunakan model ini.
- Model Pendapatan Langganan
Model pendapatan langganan mengharuskan pelanggan Anda menawarkan produk atau layanan yang dapat dibayar pelanggan untuk jangka waktu yang lebih lama, biasanya dari bulan ke bulan, atau bahkan tahun ke tahun.
Keuntungan : Jika perusahaan Anda cukup jauh dalam perkembangannya, model ini dapat menghasilkan pendapatan berulang, dan bahkan dapat memperoleh keuntungan dari pelanggan yang terlalu malas untuk membatalkan langganan mereka ke perusahaan Anda (yang merupakan rahasia kecil kotor dari langganan berbasis model).
Kekurangan : Karena model ini sangat bergantung pada memiliki basis konsumen yang besar, sangat penting untuk mempertahankan tingkat berlangganan yang lebih tinggi daripada tingkat berhenti berlangganan.
Dalam posting blog ” Membandingkan Model Bisnis dengan Model Penjualan “, Dave Parker menguraikan berbagai cara perusahaan dapat menjual produk atau layanan mereka, menekankan bagaimana pasar yang Anda pilih memengaruhi cara Anda membawa produk ke pasar. Berikut adalah metode yang dia gambarkan:
- Penjualan Web
Ini adalah cabang dari model pendapatan transaksional, di mana pelanggan membayar langsung untuk suatu produk atau layanan, kecuali bahwa pelanggan harus datang ke perusahaan Anda terlebih dahulu melalui penelusuran web , dan melakukan transaksi hanya melalui internet.
Keuntungan : Penjualan web bekerja dengan berbagai macam penawaran, termasuk perangkat lunak, perangkat keras, dan bahkan layanan berlangganan.
Kekurangan : Penjualan relasional tidak kompatibel dengan model penjualan web, jadi jika perusahaan Anda terkait dengan konsultasi atau item tiket besar (item bernilai tinggi seperti rumah, peralatan, dan mobil), Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan model yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.
Published at :