Faktor-faktor evaluasi bisnis jasa
Faktor-faktor evaluasi bisnis jasa
Oleh: D4527 – Agung Hari Sasongko, ST., MM
Di era globalisasi seperti saat ini telah membuat persaingan bisnis semakin ketat dan diyakini kunci utama untuk dapat bersaing dan memenangkan persaingan dengan cara memberikan nilai dan memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa yang berkualitas dan harga yang bersaing.
Setelah perusahaan memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggannya, Langkah selanjutnya adalah evaluasi. Konsumen umumnya menggunakan faktor-faktor berikut dalam perusahaan yang bergerak dibidang jasa:
- Tangibles (bukti langsung)
Meliputi fasilitas fisik dari bisnisnya, pegawai, perlengkapan dan sarana komunikasi
- Reliability (keandalan)
Merupakan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan cepat, tepat dan memuaskan pelanggan
- Responsiveness (daya tanggap)
Merupakan keinginan dari para staff dan karyawan yang tanggap dalam memberikan pelayanan dan membantu pelanggan
- Assurance (jaminan)
Meliputi knowledge, skill, sopan santun karyawan dan sifat yang dapat dipercaya yang dimiliki oleh para staff dan pelanggan merasa bebas dari bahaya, resiko
- Empathy (empati)
Meliputi kemudahan dalam melakukan hubungan, komunikasi yang baik, perharian personal, dan memahami kebutuhan pelanggan.
Published at :