People Innovation Excellence
 

Aspek Penting Penanganan Keluhan Pelanggan

Aspek Penting Penanganan Keluhan Pelanggan

Oleh: Agung Hari Sasongko, ST., MM – D4527

Dalam rangka mendapatkan feedback dari pelanggan maka perusahaan harus siap dengan berbagai kondisi dan memperhatikan aspek-aspek untuk penanganan keluhan pelanggan.

Berikut 4 aspek penting dalam penanganan keluhan:

  1. Empati terhadap pelanggan yang marah

Pelanggan yang tidak puas sangat wajar bila emosi atau marah. Saat menanggapi kemarahan pelanggan perusahaan perlu bersikap empati agar situasi menjadi reda dan tidak semakin liar. Perusahaan harus sabar untuk mendengarkan keluhan dan berusaha untuk memahami situasi yang dirasakan pelanggan sehingga permasalahan yang dialami pelanggan dapat diketahui dengan jelas dan pemecahan masalah diharapkan dapat terselesaikan bersama.

  1. Kecepatan dalam penanganan keluhan

Apabila keluhan pelanggan tidak segera ditanggapi ketidakpuasan bisa saja menjadi permanent dan tidak dapat diubah lagi sehingga kecepatan dalam penanganan menjadi hal yang krusial. Bila keluhan dapat segera ditangani dengan cepat maka pelanggan akan berubah menjadi puas dan bila pelanggan puas dengan penanganan keluhannya bukan tidak mungkin akan menjadi pelanggan perusahaan Kembali.

  1. Kewajaran atau keadilan dalam memecahkan permasalahan atau keluhan

Perusahaan harus memperhatikan aspek kewajaran dalam hal biaya dan kinerja jangka panjang. Wi-win adalah hasil yang diharapkan dimana pelanggan dan perusahaan sama-sama diuntungkan.

  1. Kemudahan bagi konsumen untuk menghubungi perusahaan

Kemudahan dalam menghubungi perusahaan menjadi sangat penting bila perusahaan memiliki orientasi pelanggan. Kemudahan yang dapat disiapkan oleh perusahaan dalam memberikan saran, komentar, kritik maupun keluhan misalnya melalui hot line service.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close