Enam Strategi Digital Marketing Untuk 2021 (bag. 3)
Enam Strategi Digital Marketing Untuk 2021 (bag. 3)
Oleh : Isanawikrama,ST.MM (D4997)
Pastikan para pelanggan yang sudah ada terinformasi secara rutin mengenai produk dan perusahaan kita berbasis pada persetujuan yang sudah mereka berikan. lngat pula untuk mengumpulkan dan memperbarui data segmentasi konsumen karena konsumen bersifat dinamis. Media yang dibaca seorang konsumen usia 25 pada dekade 1980-an sangat mungkin berbeda dari media yang dibaca seorang konsumen usia 25 pada dekade 2010-an.
Kelima, buat konten yang lebih interaktif. Produksi konten, baik gambar diam, gambar bergerak, maupun tulisan, yang interaktif bagi konsumen kita. Konten berkualitas mampu meningkatkan nilai produk dan perusahaan di mata konsumen sekaligus meningkatkan retensi konsumen. Konten-konten yang meningkatkan komunikasi dua arah dengan konsumen juga patut dikerjakan, misal kuis, survei, kontes, dan video interaktif.
Mengenai konten interaktif, yang umum dilakukan di Indonesia adalah ajakan untuk memberikan like, komen, balasan, dan share unggahan tertentu dengan insentif hadiah.
Keenam, hargai pegawai kita. Kita sadari bersama bahwa pandemi Covid-19 memberikan beban luar biasa berat kepada keua ngan perusahaan untuk tetap mempertahankan konsumen. Mau tidak mau, banyak pegawai yang dirumahkan bahkan terkena PHK karena biaya untuk mempertahankan dapat membuat perusahaan berujung bangkrut. Bagi yang tetap mempertahankan pegawai, biasanya perusahaan tersebut tidak perlu bertatap muka dengan konsumen. Ada pula perusahaan yang dapat mempertahankan, menggaji, bahkan menaikkan remunerasi karena sejak awal para pegawainya memang terb iasa bekerja jarak jauh.
Namun bagi perusahaan yang memulai kebiasaan baru dengan mempekerjakan pegawai secara jarakjauh-misa l kerja dari rumah, pahami bahwa psikologi pegawai dapat te rganggu. Maka, hargai mereka dan jaga agar mental pegawai tetap terhubung dengan perusahaan. Pastikan meski tida k ada pertemuan langsung di kantor, para pegawai tetap bekerja bersama untuk satu tujuan.
Published at :