Enam Strategi Digital Marketing Untuk 2021 (Bag.1)
Enam Strategi Digital Marketing Untuk 2021 (Bag. 1)
Oleh : Isanawikrama,ST.MM (D4997)
Operasional bisnis di berbagai belahan dunia sepanjang 2020 sudah pasti terdisrupsi akibat pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hamper setahun. Sangat banyak bisnisgulungtikar, PHK masif, dan berbagai hal buruk lain yang berkontribusi kepada resesi ekonomi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pada saat sama, kita melihat kegiatan di berbagai lini yang terkoneksi daring karena keterpaksaan. Kini, rapat daring sudah menjadi kebiasaan. Kerja dari rumah semakin umum. Belanja menggunakan perantara internet juga semakin menjadi keniscayaan. Hal hal tersebut memberikan masukan sangat berharga mengenai strategi digital marketing yang bisa kita kerjakan di 2021.
Sebaiknya, sepanjang 2021 kita jadikan momentum menguatkan fundamental pemahaman digital marketing, khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang terdisrupsi dan melakukan transformasi digital karena keterpaksaan. Penguatan fundamental tersebut diperoleh antara lain melalui pemahaman pemilihan kana! konsumen, meningkatkan interaksi dengan konsumen di kanal-kanal tersebut, hingga akhirnya mendapatkan prospek dan transaksi lebih tinggi. Secara umum, ada enam persiapan penguatan fundamental digital marketing untuk 2021.
Pertama, media sosial sebagai kanal komunikasi dengan konsumen. Perusahaan harus menyiapkan sumber daya yang didedikasikan khusus untuk media sosial. Sumber daya tersebut mulai dari pembuatan konten, desain konten, hingga pengerjaan iklan media sosial. Keberadaan pandemi Covid-19 sudah membuat konsumen semakin sering menghabiskan waktu di media sosial dan karenanya, mendapatkan sebagian dari perhatian mereka untuk semakin mengikatkan diri dengan merek adalah hal penting.
Apalagi, konsumen mencari informasi mengenai suatu produk, merek, dan perusahaan tidak melulu melalui situs penelusur, tetapi juga melalui media sosial. Maka, berdayakan data tersebut untuk keperluan komunikasi dan iklan, meningkatkan jangkauan, dan mendapatkan audiens baru dengan biaya terjangkau.
Published at :