Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) – (2) Isian Usulan Program
Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) – (2)
Isian Usulan Program
Agung Hari Sasongko, ST., MM – D5427
Untuk dapat memenangkan dana hibah KBMI maka proposal yang dibuat harus sesuai dengan ketentuan yang ada. Untuk tahun 2020 berikut isian usulan programnya:
1. Pengusul dan Merek Usaha
a. Nama/Merek (calon) Perusahaan Anda.
b. Sejak kapan bisnis mulai berjalan?
c. Personel Bisnis.
d. Dosen pembimbing.
2. Noble purpose
a. Hal Mulia.
b. Pemicu hal mulia.
c. Jenis bisnis.
d. Goal/target omset dan net profit.
e. Realitas omset dan net profit.
3. Informasi Produk
a. Produk/jasa.
b. Anda mendapatkan ide produk/jasa anda dari mana?
c. Bagaimana produk/jasa anda bisa menyelesaikan masalah dan memenuhi keinginan calon pelanggan anda?
d. Kompetitor.
e. Keunggulan produk/jasa competitor.
f. Keunggulan produk/jasa anda dibanding kompetitor.
g. Bagaimana mendapatkan keuntungan dari bisnis anda?
4. Sasaran Pelanggan
a. Pelanggan Spesifik.
b. Target ideal jangkauan bisnis.
c. Dalam 4 bulan pertama bisnis Anda berjalan, daerah mana yang akan menjadi target pasar Anda?
d. Bagaimana calon pelanggan anda mencari produk/jasa seperti yang ingin anda tawarkan?
e. Apa yang membuat pelanggan anda kecewa/kesulitan/masalah terhadap produk/jasa seperti yang ingin anda tawarkan dan sudah tersedia di pasar?
f. Jika kekecewaan/kesulitan/masalah yang dialami calon pelanggan anda terhadap produk/jasa seperti yang ingin anda tawarkan dan sudah tersedia di pasar, anda bisa memastikan bahwa itu tidak akan terjadi jika membeli produk/jasa dari anda, apa yang masih diharapkan calon pelanggan anda?
g. Dari semua kekecewaan/kesulitan/masalah dan harapan calon pelanggan anda, produk/layanan anda bisa menyelesaikan kesulitan dan memenuhi harapan yang mana?
5. Hubungan dengan Pelanggan
a. Strategi Pemasaran.
b. Bagaimana strategi anda agar calon pelanggan anda membeli produk/jasa anda?
c. Bagaimana caranya anda merespon pelanggan anda?
d. Strategi apa yang akan Anda lakukan untuk menjadikan pelanggan Anda loyal?
e. Dimana calon pelanggan dapat membeli produk/jasa Anda?
6. Sumber Daya
a. Keahlian masing-masing tim.
b. Tanggung jawab masing-masing tim Anda?
c. Indikator keberhasilan masing-masing tim.
d. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk/jasa anda?
e. Mitra.
7. Keuangan
a. Biaya apa saja yang Anda butuhkan dalam menyediakan, menjual, dan mengantarkan produk/jasa kepada pelanggan?
b. Laporan Keuangan 6 bulan sampai dengan 1 tahun.
c. Proyeksi Keuangan anda untuk 3 tahun kedepan.
d. Kebutuhan dana pengembangan
8. Lampiran Pendukung
a. Bukti Usaha (Foto Produk/Jasa, Produksi, Alamat dan Lokasi Usaha (maps), Foto Gerai/Gudang/Pameran, Legalitas (jika ada) , website (jika ada).
b. Biodata Ketua dan Anggota TIM
Published at :