Business Plan
Business Plan
Agung Hari Sasongko, ST., MM – D4527
Business Plan adalah rencana bisnis yang ditulis dan menjelaskan bagaimana suatu kegiatan bisnis akan dilakukan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Business Plan juga merupakan peta bagi pelaku usaha yang memberikan arahan tentang sebuah bisnis ya ng akan dijalankan dan menjawab tantangan yang mungkin timbul dimasa yang akan dating, sehingga dalam proses penyusunan nya harus dibuat secara cermat dan tidak terburu-buru.
Berikut komponen-komponen yang ada dalam Business Plan:
- Ide Bisnis
Dalam membuat sebuah Business Plan harus memiliki ide yang berdasarkan pada problem yang ada dan dari problem tersebut terdapat solusinya. Problem yang ada sebaiknya dilakukan reseach dan Analisa terlebih dahulu kepada calon customer agar dapat memenangkan setengah pertempuran didalam bisnis.
- Konsep Bisnis
Setelah paham ide dan solusi yang ditawarkan, maka dibuatkan konsep bisnisnya. Konsep bisnis bisa dibuat dengan memakai tools Business Model Canvas.
- Analisa Mikro dan Makro
Analisa mikro mengenai lingkungan mikro perusahaan yang terdiri dari para pelaku yang berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, antara lain: pemasok, para pesaing, masyarakat umum.
Analisa makro adalah tempat dimana perusahaan memulai usahanya, terdiri dari semua pihak dan kekuatan yang mempengaruhi operasi dan prestasi perusahaan.
- Critical Success Factor
Critical Success Factor berisi tentang aspek-aspek kritis disetiap aktivitas dan proses bisnis yang mempengaruhi kinerja perusahaan dalam mencapai visi dan misi serta keberhasilan nya.
5. Strategi Bisnis
- SDM berisi SDM yang akan menghandle perusahaan dan job description dari masing-masing SDM tersebut. SDM ini termasuk didalamnya personal dari pihak investor bila memang diperlukan.
- Operational/Produksi berisikan mengenai operasional/produksi yang akan dilakukan untuk menjalankan perusahaan
- Finansial – berisikan kebutuhan finansial yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kebutuhan ini antara lain berisi kebutuhan akan perlengkapan, peralatan, operasional. Kebutuhan ini diperlukan untuk menghitung keekonomian dari sebuah bisnis
- Marketing berisikan tentang Langkah-langkah marketing yang akan dilakukan oleh perusahaan termasuk didalamnya kebutuhan dana sehingga dapat mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan.
- Target
Published at :