POTENSI BISNIS DIGITAL DI INDONESIA (Bag. 1)
POTENSI BISNIS DIGITAL DI INDONESIA (Bag.1)
Oleh: D5371-Sugiharto
Bisnis digital adalah bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi yang telah mengubah infrastruktur dalam berbinis dimana internet menjadi media utama dalam implementasi bisnis digital.
Saat ini bisnis digital sebagian besar dilakukan anak muda dan lebih dikenal dengan Startup, dimana bisnis digital ini sebagai wadah bagi anak muda untuk berkreatifitas dan inovasi dalam menciptakan ide bisnis. Banyak peluang bisnis yang tercipta dari bisnis digital ini hingga berkembang menjadi besar seperti beberapa unicorn yang ada di Indonesia.
Pondasi dasar bisnis digital di Indonesia adalah market yang besar yaitu jumlah penduduk Indonesia hamper 270 juta (terbesar ke 5 di dunia) dan jumlah pengguna smartphone lebih dari jumlah penduduk Indonesia serta penetrasi pengguna internet sudah mencapai 64% dari jumlah penduduk Indonesia. Potensi market yang besar tersebut menjadi daya tarik untuk terjun ke bisnis digital termasuk investor luar negeri yang masuk mencari potensi startup untuk memberikan pendanaan startup di Indonesia.
Published at :