PELUANG BISNIS DI MOMENTUM PANDEMI (Bag.2)
PELUANG BISNIS DI MOMENTUM PANDEMI (Bag.2)
D5371-Sugiharto
Dari perkembangan yang ada selama pandemi ada beberapa bidang usaha yang menjadi peluang bisnis yaitu :
- Kuliner
Selama pandemi, kuliner menjadi bisnis yang melonjak naik baik dari sisi variasi makanan yang baru, penjual yang baru dan transaksi kuliner yang naik dari semua channel. Pertama dipengaruhi selama pandemi orang mengurangi aktivitas ke luar rumah sehingga pembelian secara online atau order dari rumah naik secara signifikan, kedua banyaknya karyawan terkena PHK atau dirumahkan ini membuat mereka beralih menjadi wirausaha berawal dari rumahan dengan menjual kuliner yang mudah mereka lakukan secara cepat. Salah satu contoh menjadi peluang karena masyarakat lebih terbiasa untuk membeli makan dengan banyaknya viral di sosial media dan kebutuhan bagi orang yang sudah bekerja Kembali di kantor ini mereka akan memulai pola hidup baru dengan mencari makanan yang terjamin higenis.
- Edukasi online
Pertemuan secara online oleh semua kalangan, pelajar, karyawan, mahasiswa dan lainya menjadikan perilaku baru di kehidupan saat ini bahwa pertemuan secara fisik tidak lagi menjadi utama. Hal ini menjadi peluang tersendiri dimana masyarakat sudah terbiasa dengan virtual meeting, sehingga pembelajaran, pelatihan, training dan sejenisnya dapat melalui virtual menjadi peluang baru dengan modifikasi yang harus dilakukan di semua sisi dalam materi maupun strategi virtual yang akan dijalankan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian orang sudah mengalami jenuh untuk kegiatan virtual tersebut.
- Produk Kesehatan
Pandemi ini membawa dampak pada pola kehidupan baru dimana masyarkat akan jauh lebih aware terhadap Kesehatan. Hal ini menjadi peluang tersendiri untuk produk-produk kesehatan khususnya produk non medis, seperti produk herbal, alat kesehatan penunjang protokol keshatan, dan vitamin yang sudah menjadi kebutuhan utama di sebagian besar masyarakat.
- Retail
Di awal pandemi orang dipaksa untuk “di rumah saja” dengan diperkuat secara regulasi dari pemerintah adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) membuat toko konvensional seperti yang ada di Mall atau pusat perbelanjaan pada umumnya mulai beralih membuka penjualan secara online. Hal tersebut menjadikan masyarakat menjadi terbiasa berbelanja online untuk semua kebutuhan, sehingga menjadikan peluang membuat toko online dengan produk sekunder seperti fashion, komestik, peratalan olah raga, hobi dan sebagainya, termasuk bahan makanan kebutuhan dapur.
Di luar ke 4 contoh bidang di atas masih beberapa lainya seperti bidang pertanian yang saat ini mulai marak melalui startup-startup baru yang mengakomodir kebutuhan masyarakat dengan harga yang kompetitif dengan menghilangkan rantai distribusi dari petani hingga pasar di perkotaan.
Dari masa pandemi ini harus menjadikan hikmah positif bagi dunia usaha untuk semakin berkembang dengan cara sisi lain dari pandemi apa saja yang dapat menjadi peluang tersendiri yang menjadi kebutuhan atau pola baru konsumen.
Published at :