People Innovation Excellence
 

TANTANGAN YANG HARUS DIMILIKI PENGUSAHA DI DALAM MASA PANDEMIK COVID 19 (Part 1)

TANTANGAN YANG HARUS DIMILIKI PENGUSAHA DI DALAM MASA PANDEMIK COVID 19 (Part 1)

By: Dotty Wimpertiwi, S.Si, MM

Baru-baru ini di Indonesia maupun hampir di seluruh negara-negara dunia terjadi sebuah wabah penyakit yang dinyatakan pandemik oleh WHO, wabah tersebut adalah wabah penyakit Corona atau disebut juga Covid 19. Wabah ini terjadi di awal pada bulan Desember 2019 dan sampai saat ini (28 Mei 2020) di seluruh dunia ada 5,8 Juta orang terinfeksi, dan dari angka tersebut 2,5 juta sembuh, 357 ribu meninggal  (Setyvani, 2020).

Akibatnya tidak hanya ke kesehatan yang terganggu, namun berdampak salah satunya ke ekonomi. Karena adanya pandemik tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan-pembatasan di berbagai sektor, termasuk sektor usaha, demi mengatasi penyebaran wabah penyakit yang semakin meluas. Dampak lebih lanjutnya adalah perusahaan banyak yang omzetnya menurun, bahkan sampai gulung tikar hingga menutup usaha yang dijalankannya. Hal itu menimpa semua level usaha baik usaha skala UMKM sampai skala besar.

Situasi ini adalah situasi yang tidak pasti atau di luar rutinitas, yang bahkan diramalkan oleh beberapa ahli akan lama dan berkelanjutan sampai maksimal 2 tahun dari mulai awal virus ini muncul. Mengapa kejadian ini berdampak kepada menurunnya omzet bahkan sampai tutupnya sebuah usaha? Disebabkan banyak perusahaan yang bisa bertahan dan sukses pada saat kondisi yang rutin di dalam berwirausaha, karena mempunyai rencana yang tersusun dengan baik untuk menghadapi rutinitas penjualan/pemasaran. Namun ketika dihadapkan pada situasi yang tidak rutin atau tidak pasti, banyak perusahan yang akhirnya berguguran , baik omzetnya menurun dan akhirnya bangkrut, karena banyaknya tantangan di dalam kondisi saat ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close