TANTANGAN YANG HARUS DIMILIKI PENGUSAHA DI DALAM MASA PANDEMIK COVID 19 (Part 1)
TANTANGAN YANG HARUS DIMILIKI PENGUSAHA DI DALAM MASA PANDEMIK COVID 19 (Part 1)
By: Dotty Wimpertiwi, S.Si, MM
Baru-baru ini di Indonesia maupun hampir di seluruh negara-negara dunia terjadi sebuah wabah penyakit yang dinyatakan pandemik oleh WHO, wabah tersebut adalah wabah penyakit Corona atau disebut juga Covid 19. Wabah ini terjadi di awal pada bulan Desember 2019 dan sampai saat ini (28 Mei 2020) di seluruh dunia ada 5,8 Juta orang terinfeksi, dan dari angka tersebut 2,5 juta sembuh, 357 ribu meninggal (Setyvani, 2020).
Akibatnya tidak hanya ke kesehatan yang terganggu, namun berdampak salah satunya ke ekonomi. Karena adanya pandemik tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan-pembatasan di berbagai sektor, termasuk sektor usaha, demi mengatasi penyebaran wabah penyakit yang semakin meluas. Dampak lebih lanjutnya adalah perusahaan banyak yang omzetnya menurun, bahkan sampai gulung tikar hingga menutup usaha yang dijalankannya. Hal itu menimpa semua level usaha baik usaha skala UMKM sampai skala besar.
Situasi ini adalah situasi yang tidak pasti atau di luar rutinitas, yang bahkan diramalkan oleh beberapa ahli akan lama dan berkelanjutan sampai maksimal 2 tahun dari mulai awal virus ini muncul. Mengapa kejadian ini berdampak kepada menurunnya omzet bahkan sampai tutupnya sebuah usaha? Disebabkan banyak perusahaan yang bisa bertahan dan sukses pada saat kondisi yang rutin di dalam berwirausaha, karena mempunyai rencana yang tersusun dengan baik untuk menghadapi rutinitas penjualan/pemasaran. Namun ketika dihadapkan pada situasi yang tidak rutin atau tidak pasti, banyak perusahan yang akhirnya berguguran , baik omzetnya menurun dan akhirnya bangkrut, karena banyaknya tantangan di dalam kondisi saat ini.
Published at :