People Innovation Excellence
 

PELUANG BAGI PENGUSAHA DI BALIK MUSIBAH WABAH PANDEMIK COVID 19

PELUANG BAGI PENGUSAHA DI BALIK MUSIBAH WABAH PANDEMIK COVID 19

By: Dotty Wimpertiwi, S.Si, MM

Situasi pandemic Covid 19 saat ini berefek ke segala aspek kehidupan, baik lokal maupun global, termasuk di dalam sektor ekonomi. Beberapa yang dirasakan adalah: 1) Memperlambat produksi barang-barang yang penting, 2) Mengganggu proses bisnis pembuatan produk, 3) Mengalami kerugian, 4) Arus kas negatif, 5)Pertumbuhan pendapatan menurun tajam.

Situasi yang terjadi (pandemic) adalah situasi yang tidak pasti kapan kondisi ini akan berakhir. Hal ini akan berakibat buruk terutama bagi pengusaha apabila membiarkan kondisi ini tanpa ada “action” yang dilakukan untuk beradaptasi dengan kadaan. Sudah banyak perusahaan yang pendapatannya menurun yang akhirnya tutup sementara sampai tutup permanen. Dibalik tantangan situasi pandemik, ada peluang yang terlihat (visible) dan tidak terlihat (hidden).

Peluang yang ada di masa pandemik ini ada yang terlihat (visible) dan ada yang tersembunyi (hidden). Peluang yang terlihat diantaranya adanya pergeseran gaya hidup dengan perspektif yang baru di dalam mengubah cara dalam menghadapi situasi pandemik. Peluang nyata yang hadir timbul apabila individu atau pengusaha memiliki kemandirian diri dan kesiapan dan persiapan yang lebih baik dalam komunitas. Mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mengandalkan kekuatan dari dalam, menggali lebih dalam lagi dari sebelumnya bisa menjadi peluang bagi pengusaha jika menyadarinya. Kemudian pengusaha mampu meningkatkan kredibilitas dan transparansi kebutuhan masyarakat, memiliki nilai jual yang unik, mempersiapkan sumber daya yang “aman” dan mengkomunikasikan terhadap konsumen.

Selain ada peluang yang terlihat apabila pengusaha memiliki kriteria diatas namun ada peluang yang tersembunyi (hidden). Hal yang memacu timbulnya peluang tersembunyi adalah adanya kebutuhan baru yang multicomplex sebagai solusi atas musibah pandemik ini. Apabila pemerintah, swasta dan masyarakat bekerjasama kemudian pengusaha meninjau ulang bisnis model baru merupakan sebagai peluang tersembunyi. Kemungkinan lain adalah peluang tersembunyi dengan memperhatikan prasyarat kesehatan dan menguntungkan untuk bisnis, membangun komunitas konsumen yang lebih elastis (tidak kaku) dalam penentuan target konsumen, meningkatkan spiritual dan keberadaan sosial.

 

Referensi:

Mohamed Buheji, D. A. (2020). Foresight of Corona virus (COVID-19) Opportunities for a Better World. American Journal of Economics, 97-108.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close