PELUANG BAGI PENGUSAHA DI BALIK MUSIBAH WABAH PANDEMIK COVID 19
PELUANG BAGI PENGUSAHA DI BALIK MUSIBAH WABAH PANDEMIK COVID 19
By: Dotty Wimpertiwi, S.Si, MM
Situasi pandemic Covid 19 saat ini berefek ke segala aspek kehidupan, baik lokal maupun global, termasuk di dalam sektor ekonomi. Beberapa yang dirasakan adalah: 1) Memperlambat produksi barang-barang yang penting, 2) Mengganggu proses bisnis pembuatan produk, 3) Mengalami kerugian, 4) Arus kas negatif, 5)Pertumbuhan pendapatan menurun tajam.
Situasi yang terjadi (pandemic) adalah situasi yang tidak pasti kapan kondisi ini akan berakhir. Hal ini akan berakibat buruk terutama bagi pengusaha apabila membiarkan kondisi ini tanpa ada “action” yang dilakukan untuk beradaptasi dengan kadaan. Sudah banyak perusahaan yang pendapatannya menurun yang akhirnya tutup sementara sampai tutup permanen. Dibalik tantangan situasi pandemik, ada peluang yang terlihat (visible) dan tidak terlihat (hidden).
Peluang yang ada di masa pandemik ini ada yang terlihat (visible) dan ada yang tersembunyi (hidden). Peluang yang terlihat diantaranya adanya pergeseran gaya hidup dengan perspektif yang baru di dalam mengubah cara dalam menghadapi situasi pandemik. Peluang nyata yang hadir timbul apabila individu atau pengusaha memiliki kemandirian diri dan kesiapan dan persiapan yang lebih baik dalam komunitas. Mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mengandalkan kekuatan dari dalam, menggali lebih dalam lagi dari sebelumnya bisa menjadi peluang bagi pengusaha jika menyadarinya. Kemudian pengusaha mampu meningkatkan kredibilitas dan transparansi kebutuhan masyarakat, memiliki nilai jual yang unik, mempersiapkan sumber daya yang “aman” dan mengkomunikasikan terhadap konsumen.
Selain ada peluang yang terlihat apabila pengusaha memiliki kriteria diatas namun ada peluang yang tersembunyi (hidden). Hal yang memacu timbulnya peluang tersembunyi adalah adanya kebutuhan baru yang multicomplex sebagai solusi atas musibah pandemik ini. Apabila pemerintah, swasta dan masyarakat bekerjasama kemudian pengusaha meninjau ulang bisnis model baru merupakan sebagai peluang tersembunyi. Kemungkinan lain adalah peluang tersembunyi dengan memperhatikan prasyarat kesehatan dan menguntungkan untuk bisnis, membangun komunitas konsumen yang lebih elastis (tidak kaku) dalam penentuan target konsumen, meningkatkan spiritual dan keberadaan sosial.
Referensi:
Mohamed Buheji, D. A. (2020). Foresight of Corona virus (COVID-19) Opportunities for a Better World. American Journal of Economics, 97-108.
Published at :