People Innovation Excellence
 

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN STRATEGI DI DALAM MENGHADAPI PANDEMIK

By: Dotty Wimpertiwi, S.Si, MM

Menghadapi situasi yang di luar rutinitas atau kebiasaan pada saat pandemik covid 19 yang dikenalnya dengan virus Corona membuat banyak perusahaan baik usaha UMKM maupun usaha besar menurun omzetnya bahkan sampai menutup usaha. Hal itu disebabkan adanya wabah pandemik membuat situasi menjadi tidak pasti, masa depan usaha yang tidak jelas, karena waktu yang tidak pasti akan berakhirnya kapan wabah ini, sehingga menjadikan tantang tersendiri bagi pengusaha. Tantangan tersebutlah yang menjadikan ancaman bagi perusahaan sehingga mengakibatkan akhirnya perusahaan berguguran. Namun tidak semua perusahaan berakhir sampai menutup perusahaan. Dibutuhkan karakter yang kuat di dalam mengatasi tantangan atau ancaman pada saat ini, diantaranya adalah pemimpin atau pemilik usaha yang memiliki kemampuan transformasional.

Pemimpin yang transformasional adalah pemimpin yang bersifat kharismatik, pengaruh idealis, dapat memberikan motivasi dan inspirasi, memberikan stimulasi intelektual, dan juga perhatian secara individual kepada karyawannya. Ciri-ciri pemimpin transformasional: 1) Kharismatik, 2) Pengaruh Idealis, 3) Pengaruh Secara Motivasi Dan Inspirasi, 4) Stimulasi Intelektual, 5) Perhatian Secara Individual. Prinsip sebagai pemimpin transformasional adalah: 1) Bagaimana melihat tantangan bagi usahanya, 2) Konteks yang menentukan.

Kepemimpinan transformasional dilaksanakan ketika seseorang memobilisasi segala sumber daya untuk membangkitkan, melibatkan dan memotivasi pengikutnya (Bass & Avolio, 2002 dalam Hartiti, 2013). Kepemimpinan dilaksanakan ketika seseorang memobilisasi segala sumber daya untuk membangkitkan, melibatkan dan memotivasi pengikutnya (Bass & Avolio, 2002 dalam Hartiti, 2013).

Selain memiliki jiwa kepemimpinan transformasional, seorang pengusaha wajib memiliki strategi khusus di dalam pandemik ini. Diantaranya tips dan strategi pemilik usaha di dalam menghadapi pandemik covid 19 adalah:

  1. Memeriksa Kondisi Keuangan
  2. Memeriksa Status Aset dan Hutang
  3. Membuat perencanaan bisnis baru
  4. Mencatat Pola Pengeluaran
  5. Melakukan manajemen resiko, buat catatan tersendiri.

 

 

 

 

Referensi:

Damaledo, Y. D. (2020, April 28). Tirto.id. Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/5-tips-dan-strategi-bisnis-di-tengah-pandemi-covid-19-fsde

Granger, K., & Hanover, D. (2012). Transformational Performance-Based Leadership: Addressing Non Routine Adaptive Challenges. Leadership.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint
  1. 11

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close