Market Review Bifest Desember 2019 – PAN.TONG
Dari hasil market review pada bisnis usaha “Pan.tong”, dapat disimpulkan bahwa “Pan.tong” merupakan bentuk usaha yang bergerak di bidang produksi barang dimana ide bisnis ini terlahir dari keresahan mahasiswa/i khususnya jurusan desain yang kesulitan untuk menemukan tas yang memiliki ukuran yang pas untuk menampung segala keperluan dan alat untuk menunjang aktivitas perkuliahan. Selain itu, “Pan.tong” memiliki kelebihan yakni multifungsi pada produknya sehingga hal ini diharapkan dapat menarik minat para customer yang menjadi tujuan dari pendirian bisnis tersebut.
Harga yang dipasarkan oleh “Pan.tong” relatif cukup mahal yakni sekitar Rp 219.000, hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan produk dan kualitas tenaga kerja yang mumpuni untuk memproduksi barang yang berkualitas.
Menurut saya, bisnis ini sangat berpotensi untuk dapat dikembangkan menjadi lebih besar dikarenakan bisnis ini datang untuk menjawab permasalahan yang sering terjadi dan keresahan dari sebagian besar mahasiswa/i jurusan desain sehingga prospek dari bisnis ini cukup mumpuni untuk dapat terus berlanjut. Namun, perlu diperhatikan mengenai harga product masih relatif mahal yang harus diseimbangkan dengan value dari product itu sendiri sehingga customers akan rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli product “Pan.tong” dengan timbal balik manfaat yang akan mereka dapatkan dari penggunaan product tersebut. Apabila manfaat product sebanding dengan pengorbanan biaya yang harus dikeluarkan customer, maka harga yang relatif tinggi ini tidak akan menjadi masalah dan penghambat yang berarti bagi keberlangsungan bisnis “Pan.tong” di masa yang akan datang.
Published at :