People Innovation Excellence
 

Semangat Kewirausahaan Pada Generasi Muda

Generasi muda adalah tumpuan harapan bangsa yang akan banyak berperan dalam menentukan perubahan lingkungannya terhadap cara pandang masyarakat dalam menghadapi perubahan global yang berubah secara dinamis. Pada generasi muda inilah kita tanamkan semangat berpikir untuk memajukan nilai kewirausahaan dan memiliki semangat untuk menjadi wirausaha. Kesadaran pada diri mereka untuk menjadi wirausaha tentu saja didorong dengan dukungan dari lingkungan keluarga dan akademis.

Secara akademis maka para pendidik diharapkan mampu memberikan metode bagaimana memulai suatu usaha dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan. Tentu saja dengan didukung oleh bahan literature yang up to date agar dapat menyesuaikan dengan keadaan yang selalu berubah dengan cepat. Bahan dapat di adopsi dari buku terbitan dalam dan luar negeri.

Sejak dini pendidikan mengenai kewirausahaan dapat juga diterapkan melalui lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan. Dari pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya mengenai kewirausahaan dapat merubah pola pikir sang anak akan pentingnya kewirausahaan, atau melalui contoh yang dijalankan oleh orang tuanya sendiri yang latar belakangnya adalah seorang wirausahawan.

Makin banyaknya para wirausahawan muda yang lahir maka beban lingkungan dan negara akan ketersediaan lapangan pekerjaan akan berkurang. Negara kita dengan populasi hampir 300 juta penduduknya sangat membutuhkan lapangan kerja yang besar. Tercatat juga Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah angkatan muda terbesar didunia. Ini merupakan sumber daya yang besar dari segi bangsa. Alangkah dashyatnya bangsa ini apabila angkatan mudanya mempunyai semangat kewirausahaan, karena secara statistik negara ini dengan luas wilayah dan bentuknya yang kepulauan sangat membutuhkan masyarakat yang mau membuat usaha sendiri sehingga mereka dapat berdiri sendiri tanpa membebani pemerintah.

Peran pemerintah juga diharapkan dalam mendukung gerakan pemuda dalam meningkatkan kewirausahaan yang berbasis ekonomi kerakyatan. Dengan menggiatkan program usaha kecil dan menengah dan didukung oleh para pelatih yang berpengalaman sehingga menularkan rasa ingin tau dan ingin berkecimpung dalam kewirausahaan. Diharapkan juga pemerintah dapat menyalurkan program bantuan dana hibah bagi kepentingan terciptanya generasi muda yang berkesinambungan dalam menciptakan perannya mengharumkan banngsa dengan berwirausaha.

 

 

Oleh     : Isanawikrama,ST.MM (D4997)

Untuk : Binus Entrepreneurship Centre

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close