People Innovation Excellence
 

Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Era globalisasi sudah tidak dapat dihindari lagi dan kawasan Asean merupakan salah satu daerah dengan potensi sumber daya alam yang menjanjikan dan sumber daya manusia yang paling banyak perkembangannya. Oleh karena itu dibutuhkan saling kerja sama antar negara dikawasan ini guna mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya tersebut agar dapat bersaing dan memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan ekonomi ASEAN pada khususnya dan dunia pada umumnya.

Indonesia adalah salah satu Negara terbesar populasinya yang ada di kawasan ASEAN, dengan hampir 300 juta penduduk dengan komposisi jumlah generasi muda yang banyak, ditambah lagi masyarakat Indonesia adalah Negara Heterogen dengn berbagai jenis suku, bahasa dan adat istiadat yang terhampar dari Sabang sampai Merauke. Indonesia mempunyai kekuatan ekonomi yang cukup bagus, pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia (4,5%) setelah RRT dan India. Ini akan menjadi modal yang penting untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia menuju masyarakat ekonomi ASEAN.

Kerjasama regional dikawasan ini setidaknya dapat menjadikan Indonesia sebagai mitra yang sangat berpengaruh, karena Indonesia memiliki kekuatan sumberdaya alam yang melimpah serta jumlah angkatan muda potensial yang tinggi, sehingga dapat lebih banyak menarik pihak investor untuk bergabung dan menanamkan modalnya di Indonesia. Ini menjadi tantangan bagi generasi muda bangsa Indonesia agar meningkatkan kemampuannya dalam hal berfikir kreatif dan keterampilannya. Peran pendidikan sangat berpengaruh dalam hal ini agar angkatan muda Indonesia tidak tertinggal dengan kemampuan bangsa lain dalam kawasan ASEAN, sehingga Indonesia tidak perlu mendatangkan tenaga terampil asing tapi hanya investasi asing yang masuk dan dapat dimanfaatkan bagi kemajuan bangsa. Diharapkan pula angkatan muda Indonesia dapat bersaing dan berpengaruh dikawasan ASEAN, sehingga menjadi sumber daya manusia yang dapat diharapkan memajukan perannya dalam program masyarakat ekonomi ASEAN.

Tantangan Indonesia kedepan adalah mewujudkan perubahan yang berarti bagi kehidupan keseharian masyarakatnya. Semoga seluruh masyarakat Indonesia kita ini bisa membantu untuk mewujudkan kehidupan ekonomi dan sosial yang layak agar kita bisa segera mewujudkan masyarakat ekonomi ASEAN yang dapat berjalan bersama dan berkesinambungan agar tercipta masyarakat yang aman, sejahtera, adil dan makmur.

 

 

Oleh     : Isanawikrama,ST.MM (D4997)

Untuk : Binus Entrepreneurship Centre


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close