People Innovation Excellence
 

Tipe Entrepreneurship

Wirausaha adalah  seseorang yang membangun usaha baru ataupun seseorang yang menciptakan lahan pekerjaan baru yang disesuaikan dengan modal yang ada. Dalam menjalani kewirausahaan harus adanya pemasaran barang, permulaan yang baik, & motivasi diri. Pemasaran barang artinya pemasaran dagang dengan cara melalui sahabat, Tetangga, teman, saudara, dll. Orang terdekat lah yang mudah untuk di akses untuk memasarkan barang dagangan atau biasa disebut dari mulut ke mulut, tetapi sekarang kita bisa memasarkan barang dagangan yang mudah dengan cara melalui jaringan internet, karena pada saat ini internet ialah sesuatu yang mudah di jangkau bagi semua kalangan muda dan tua, kita pun bisa memulai usaha di internet atau biasa disebut jual – Beli. Lalu dengan permulaan yang baik artinya adalah biasanya setiap orang berfikir jika seorang remaja bukan lah seorang yang berwirausaha dengan baik, ternyata semua hal itu ialah salah, karena biasa nya watak berwirausaha yang baik adalah sejak kita masih muda atau remaja, sejak masih remaja jika kita selalu berpikir untuk siap maju dan siap bersaing kita akan selalu siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang ada, di masa remaja pun kita masih bisa belajar melalui banyak hal dan pengalaman tersebut bisa menjadi pengalaman yang baik untuk di kemudian hari. Dan yang terakhir adalah motivasi diri yang biasa nya datang dari keluarga, teman dan sahabat, motivasi dari orang – orang seperti itulah yang membuat diri kita bisa menjadi melangkah untuk menjadi lebih berani, lebih baik lagi dan membuat seseorang menjadi tidak gampang menyerah, dan yang terpenting selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dan juga terdapat beberapa golongan wirausaha atau pengusaha terdapat tiga golongan yaitu : golongan wirausaha besar, golongan wirausaha menengah, golongan wirausaha kecil. Pengertian golongan wirausaha besar yaitu seseorang yang memiliki modal yang besar untuk berbisnis sampai ke mancanegara dan biasa nya memiliki banyak karyawan. Lalu ada golongan wirausaha menengah yaitu seseorang yang memiliki modal yang lumayan, biasa nya target untuk pengusaha menengah adalah pasaran lokal yang berada di negara sendiri, pengusaha menengah pun memiliki beberapa orang karyawan tetapi tidak sampai sebanyak pengusaha besar. Dan yang terakhir adalah golongan wirausaha kecil dimana golongan ini memiliki targer yang berada di ruang lingkup lingkungan sekitarnya, dan modal yang dibutuhkan tidak besar ataupun harus memiliki seorang karyawan yang terdapat pada golongan besar dan menengah.

  1. Golongan Pengusaha Besar :

Pengusaha Penjualan Konstruksi Bangunan “Krakatau Steel Cilegon”, dimana memiliki tingkat peluang pembangunan yang memiliki jangka waktu yang panjang dan bisa mendapatkan profit yang besar karena memiliki kontrak dengan pihak terkait. Akan tetapi risiko yang dimiliki cukup besar jikalau terjadinya masalah pada bahan baku maupun rancangan yang tidak sesuai.

  1. Golongan Pengusaha Menengah

Pengusaha Restaurant yang berada di Pantai Indah Kapuk, memiliki tingkat peluang dalam memasarkan makanan cukup baik dan memiliki jangka waktu yang panjang. Dan memiliki profit yang sangat menguntungkan akan tetapi risiko yang dihadapi adalah harga dari makanan yang ditawarkan.

  1. Golongan Pengusaha Kecil

Pengusaha Warteg memiliki target & peluang yang cukup bagus jikalau makanannya enak & murah maka banyak pengunjung yang akan datang. Memiliki profit yang cukup menjanjikan karena jika banyak pengunjung yang datang maka hasil pendapatan akan terus meningkat dari pada golongan pengusaha menengah. Dan risiko yang dihadapi pun tidak terlalu besar.

 

 

 

Refrensi :

  1. Journal Inovasi dan Kewirausahaan Vol 1, No 3 (2012): Journal  Inovasi dan Kewirausahaan.
  2. Vol 1, No 01 (2012): Journal karakteristik kewirausahaan terhadap kompetensi usaha
  3. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 2, 2017: 1007-1029 : motivasi dan lingkungan terhadap wirausaha
  4. Volume XVI, No. 1, Mei 2017, halaman 26-43 : Pemasaran melalui pengembangan inovasi dan kreatifitas

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close