PERKEMBANGAN DUNIA DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA
Dunia digital sudah sangat akrab di telinga penduduk Indonesia. Menurut data penggunaan internet sudah menyentuh angka 132 juta orang. Jumlah tersebut menunjukan bahwa lebih dari 50% populasi di Indonesia sudah menggunakan internet. Dan bahkan dilaporan yang sama dari ratusan juta pengguna internet di Indonesia 60% telah mengakses internet menggunakan ponsel pintar. Ini menunjukan begitu berkembangnya dunia maya yang ada di Indonesia. Namun pernahkah terfikirkan oleh penduduk Indonesia untuk meningkatkan ekonomi di Indonesia melalui dunia digital ? berikut adalah grafik pertumbuhan ekonomi di Indonesia
Dari grafik yang diberikan diatas pertumbuhan ekonomi Indonesia menyentuh angka 5,17% (menurut Badan Pusat Statistik) turun dari triwillan II-2018 yang sempat menyentuh angka 5,27%. Pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) ini didapatkan dari Industri Pengolahan, Perdagangan & Reparasi, Konstruksi, dan lain lainnya. Pertumbuhan ekonomi digital dapat melonjakan data grafik ekonomi Indonesia melalui Startup yang sekarang lagi naik yaitu bidang E-Commerce dan Financial Technology dengan contoh aplikasi kebanggaan Indonesia yang berhasil menggelar Decacorn atau perusahaan rintisan yang berhasil meraih valuasi sebesar $10 Miliar dollar yaitu Gojek (PT Aplikasi Karya Anak Bangsa). Menurut Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir.Joko Widodo kedepan ekonomi memang memberikan banyak harapan pada pertumbuhan ekonomi. Tahun lalu nilai ekonomi digital Indonesia mencapai $27 Miliar Dollar. Ini menunjukan bahwa perkembangan dalam era digital ini mampu membuka peluang kerja baru dan menciptakan pergerakan ekomoni bagi Indonesia.
Namun faktor faktor penggerak bisnis digital ini masih terlalu monoton atau masih mengikuti pasar yang besar sebagai contoh OLX, Tokopedia mereka merupakan E-Commerce dengan tujuan membuat toko online dan masih banyak lagi toko toko online yang ada di Indonesia seperti Shopee, JD.id dan lain lainnya. Pemerintah harus memberikan fasilitas atau sosialisasi dengan perkembangan digitalisasi ini dengan tujuan masyarakat dapat mencari masalah yang ada di sekitarnya dan menemukan solusi untuk dijadikan lahan bisnis, supaya bisnis digital lebih variatif dan menjangkau banyak faktor faktor dimasyarakat.
Published at :