People Innovation Excellence
 

Entrepreneur harus kreatif, mengapa?

Entrepreneur harus kreatif, mengapa?
Seorang yang memutuskan dirinya menjadi entrepreneur adalah orang-orang yang mengenal potensi dan belajar mengembangkan peluang yang ada serta dapat mengorganisasi usaha untuk mewujudkan cita-cita menjadi entrepreneur. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang entrepreneur adalah kreatif dan inovatif. Ia mampu melihat peluang, selalu terbuka akan setiap masukan dan memiliki keinginan untuk suatu perubahan positif yang mampu membawa bisnisnya terus bertumbuh serta memiliki value. Dalam berbisnis juga harus memiliki value-values yang bertujuan positif dan bermanfaat bagi orang banyak. Seperti yang dikatakan oleh Zimmerer (1996) bahwa entrepreneur merupakan suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi mencari peluang dari permasalahan yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Drucker (1994) mendefinisikan entrepreneur sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu hal yang baru dan berbeda dari sebelumnya. Seorang entrepreneur adalah seorang yang berjiwa berani dalam mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan (Kasmir, 2006). Inti dari entrepreneur adalah kemampuan untuk menciptakan suatu hal yang baru dan berbeda melalui pemikiran-pemikiran yang kreatif serta inovatif yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk yang baru dan berbeda dengan produk lainnya akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Dengan adanya kreativitas dan inovasi pada bisnis yang dijalani sangatlah penting.
Untuk menjadi seorang entrepreneur yang kreatif dan inovatif dalam menjalani usaha adalah dengan melakukan :
1. Membuat ide-ide baru yang lebih inovatif dan memiliki daya tarik tersendiri
2. Melawan rasa takut akan suatu perubahan
3. Motivasi diri yang kuat
4. Menerima opini untuk dapat mengembangkan bisnis yang kreatif dan inovatif
5. Perbanyak pengetahuan
Sebuah bisnis tidak akan bertahan lama apabila pelaku usahanya tidak memiliki kreativitas dan inovasi dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, sebagai seorang entrepreneur dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif di setiap situasi dan berani menjawab semua tantangan dengan cara mereka sendiri.

Referensi :
• Eko Agus Alfianto. 2012. Kewirusahaan : Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Heritage Volume 1 Nomor 2. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan.
• Rintan Saragih. 2017. A MEMBANGUN USAHA KREATIF, INOVATIF DAN BERMANFAAT MELALU PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, LMII, Indonesia.
• Seminar Nasional FCB1 : Trend Vision for Creative Industry. Jurusan Teknologi Industri FTUM, 2012.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close