Apa itu promosi ?
Apa Itu Promosi?
Promosi merupakan suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.
Masyarakat awam sering mendengar dan membaca promosi, baik itu promosi dalam bentuk media cetak, baliho, billboard, radio, televisi, dan internet. Mereka yang memiliki minat yang sesuai dengan iklan atau promosi tersebut umumnya akan membaca informasi yang ada di promosi tersebut lebih lama.
Manfaat & Bentuk Dari Promosi
Shimp dalam As’adi (2009, hal. 28 – 32) memberikan beberapa pencapaian
atau manfaat tentang promosi adalah sebagai berikut:
- Merangsang antusiasme tenaga penjualan untuk menjual produk baru yang dikembangkan atau produk lama.
- Memperkuat penjualan merek yang sudah lama
- Memfasilitasi pengenalan produk dan merek baru kepada dunia perdagangan.
- Menambah on-self dan off-self untuk barang dagang
- Menetralisasi periklanan dan promosi penjualan kompetitif
- Mendapatkan pembelian percobaan dari para konsumen
- Mempertahankan para pemakai saat ini dengan mendorong pembelian ulang.
- Meningkatkan pemakaian produk dengan me-loading
- Memenangkan persaingan dengan modal me-loading
- Memperkuat periklanan.
Perusahaan melakukan kegiatan promosi dengan memperhatikan beberapa variabel yang terkandung didalamnya, dan variabel-variabel tersebut harus dikombinasikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Kombinasi variabel-variabel promosi tersebut disebut dengan
Published at :