Nilai Jual Kebaharuan (Newness Value Proposition)
Nilai Jual Kebaharuan (Newness Value Proposition)
Oleh : Kusumah Arif – D5485
Beda bisnis beda nilia jual nilai produk barang atau jasa yang ditawarkan. Nilai jual atau Value Proposition dapat menjadi faktor pembeda dari suatu bisnis terhadap bisnis lainnya dan merupakan faktor penentu bagi pelanggan untuk tertarik atau berpaling dari produk tersebut.
Menurut Alexander Osterwalder & Yves Pigneur dalam buku yang berjudul Business Model Generation, nilai jual adalah salah satu bagian dari blok kanvas model bisnis (Business Model Canvas) dimana nilai jual dari suatu bisnis merupakan penawaran produk barang atau jasa tertentu yang diperuntukan bagi segmen pelanggan tertentu. Salah satu dari kategori nilai jual adalah kebaharuan (Newness). Kategori ini menawaran nilai jual yang belum pernah ada sebelumnya kepada konsumen. Suatu kebaharuan dari nilai jual dapat diukur dari adanya teknologi baru, adanya penemuan baru, atau adanya suatu keunikan.
Kehadiran telepon seluler merupakan suatu teknologi baru yang merevolusionarisasi komunikasi dimana konsumen dapat melakukan komunikasi dimana saja dalam lingkup layanan penyedia jasa telekomunikasi seluler. Seiring berjalannya waktu, penyedia jasa telekomunikasi seluler memanfaatkan teknologi tersebut dalam memberi kemudahan bagi konsumen untuk untuk terhubung ke internet dimana saja dengan kecepatan yang memadai. Sebelum adanya teknologi seluler, telekomunikasi hanya bisa dilakukan pada satu tempat yang terhubung ke tempat lainnya. Hal ini disebabkan penyedia jasa telekomunikasi hanya bisa menyediakan layanan telekomunikasi melalui jaringan kabel tembaga. Dan saat itupun untuk terhubung ke internet hanya bisa dilakukan di suatu tempat yang memanfaatkan jaringan kabel tembaga dengan kecepatan yang terbatas.
Kehadiran penemuan baru pun bisa dikategorikan nilai jual kebaharuan. Contohnya adalah Viagra, suatu obat untuk mengatasi disfungsi ereksi yang ditemukan oleh perusahaan farmasi Pfizer. Sebelum adanya Viagra, tidak ada terapi lain untuk mengelola disfungsi ereksi, yang mendapatkan pengakuan masyarakat luas. Atau penemuan baru berkaitan dengan sosialisasi antar individu yang dapat terjadi berkat keberadaan teknologi digital dan internet, yaitu media sosial dimana keberadaan media sosial merevolusionarisasi komunikasi dalam masyarakat dalam hal beropini dan aktualisasi diri.
Produk yang bisa dianggap suatu kebaharuan dengan memberikan keunikan adalah Es Kepal Milo, suatu kreasi boga dengan keunikan berupa es serut yang dikepal, lalu disiram dengan saus milo kental. Milo adalah sebuah merek minuman dengan rasa cokelat dan malt. Yang ditawarkan dari Es Kepal Milo adalah keunikan dalam penyajian dalam menikmati es serut. Es Kepal Milo mendapat perhatian luas dan menjadi viral dengan bantuan media sosial. Namun kemudahan dalam pembuatan kreasi boga ini membuat pelaku bisnis ini tidak akan mendapatkan keuntungan besar karena banyaknya pesaing yang bermunculan.
Published at :
Leave Your Footprint
-
NorbertQuame does erectile dysfunction go away
[url=https://besterectiledysfunctionpills.com/#]ed medication[/url]
erectile food
ed treatment tablets
erectile stimulant