People Innovation Excellence
 

Pohon Kelapa Salahsatu Kekayaan Desa Nusantara

Pohon Kelapa Salahsatu Kekayaan Desa Nusantara

JAJAT SUDRAJAT D5029

Kelapa, salah satu pohon yang tumbuh banyak sekali di desa-desa seluruh Nusantara, Kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa diberikan pohon Kelapa yang tumbuh subur dibumi Nusantara. Pohon Kelapa merupakan salah satu kekayaan yang harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Gambar 1. Ide Bisnis Mahasiswa

Sumber :https://www.instagram.com/p/BvKpue_FyKj/

 

Salahsatu ide bisnis mahasiswa Binus University memanfaatkan buah kelapa untuk bisnis kuliner. Mahasiswa binus yang berasal dari desa/kelurahan di pelosok Nusantara terinspirasi untuk mengembangan bisnis dari bahan baku yang melimpah sekali di desa.

 

Gambar 2. Tugas Kelompok Kelompok Kelas besar Entrepreneurship 1

Sumber : Jajat Sudrajat 2019

 

Ini merupakan konsep “Mind map Kelapa “yang dibuat kelompok mahasiswa, untuk pengembangan binis kelapa. Kelompok mahasiswa ini diberikan tugas oleh Dosen Entrepreneurship Ibu Indri, mengkolaborasikan konsep “Business Model Canvas (BMC)” dengan Konsep “Mind map”. Ide Bisnis Kelapa dari Hilir sampai ke Hulu.

 

Gambar 3. Diskusi kelompok Kelas besar

Sumber : Jajat Sudrajat 2019

 

Mereka antusias berdiskusi di kelas untuk mengembangkan ide bisnisnya, dengan berbagai metode yang dilakukan dosen serta motivasi terus menerus setiap pertemuan kelas, baik kelas kolaborasi dengan berbagai jurusan atau kelas kecil untuk lebih fokus membuat konsep ide bisnisnya melalui pembuatan Business Model Canvas (BMC).

 

Gambar 4. Peta Pikiran tentang Teknologi Pendidikan

Sumber: https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Mind_map&prev=search

 

Ide bisnis dari bahan baku yang banyak tersedia di desa, seperti buah-buahan tropis, kelapa, kopi, teh dan buah-buahan lainnya serta sayuran, dapat dikembangkan dengan kemajuan teknologi, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan bisnisnya dengan konsep ” peta pikiran/mind map”. Peta mind map dapat dikolaborasikan dengan konsep Business Model Canvas (BMC). (Osterwalder, A., & Pigneur, Y., 2010)., sehingga mahasiswa akan lebih memahami mengapa setiap bisnis harus ada bisnis modelnya. Banyak dari mahasiswa orangtuanya sudah menjalankan bisnis, namun tidak sedikit dari mahasiswa tersebut tidak tahu bisnis yang dijalankan orangtuanya, hal ini bisa menjadi salah satu contoh untuk dijadikan sarana untuk menerapkan konsep “ mind map” dan business model canvas di perusahaan oangtuanya, sehingga mahasiswa akan lebih memahami dengan bertanya langsung kepada orang tua atau karyawannya.

Gambar 5. Konsep My Mind Map

Sumber : https://gurudigital.id/pengertian-contoh-cara-membuat-mind-mapping-unik-kreatif/

 

Konsep Mind map ini memudahkan mahasiswa untuk berfikir kreatif. Manfaat dari metode pencatan menggunakan mind mapping terebut diantaranya adalah untuk mempermudah proses pengingatan, mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci, mudahnya kita mengingat suatu informasi utama karena tema utama terdefinisi dengan jelas  di tengah. (gurudigital.id)

 

Referensi :

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for

           Visionaries,Game Changers, and Challengers. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

 

Inspirasi Pendidikan. Tersedia di https://gurudigital.id/category/inspirasi-pendidikan/. Diakses tanggal 8 Mei 2019

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close