People Innovation Excellence
 

Pentingnya Inovasi dan Kualitas Produk.

Pentingnya Inovasi dan Kualitas Produk.

Oleh HARTANTO D53$4

 

Bila kita mencermati lingkungan sekitar kita saat ini, begitu banyak aneka jenis barang yang ditawarkan oleh produsen. Sebagai pelanggan maka hal yang pertama kita pikirkan adalah bagaimana kualitas barang yang akan kita beli. Namun disisi lain, sebagai pengusaha, kita melihat banyaknya barang yang ada di pasar merupakan tantangan untuk membuat suatu produk yang lebih inovatif dan berkualitas dibanding yang ada dipasar

Lalu bagaimana sebaiknya produk yang inovatif itu dibuat? Berikut ini merupakan beberapa tips untuk membuat produk yang inovatif bagi produk yang kita hasilkan.

Keep it Simple

Melakukan kreasi pada produk yang dihasilkan, haruslah tetap menjaga agar produk tersebut simple dan mudah dalam penggunaan. Dalam beberapa ujicoba telah membuktikan, produk yang terlalu rumit dalam penggunaan akan kurang menarik bagi konsumen. Demikian juga dengan produk makanan dan minuman. Pilihlah bentuk kemasan yang menarik dan mudah dikenali.

Cobalah produk sendiri

Berperanlah sebagai konsumen pada suatu waktu untuk mencoba produk Anda sendiri. Coba dan rasakan ketika Anda menggunakan produk tersebut sehari-hari. Keunggulan dan kendala yang Anda rasakan merupakan masukan bagi perubahan yang diperlukan pada produk yang Anda hasilkan karena Kualiti Kontrol saja tidak cukup untuk membuktikan kualitas produk Anda.

 

Produk harus unik

Terkadang suatu produk dipilih oleh konsumen karena berbeda dan unik. Konsumen ingin produk yang mereka gunakan tidak sama dengan yang ada dipasaran atau yang telah digunakan orang saat ini. Ceruk ini merupakan keuntungan bagi produk inovatif yang Anda kembangkan.

Hindari membandingkan produk Anda dengan pesaing

Yakinkan bahwa produk Anda berbeda dan unggul dibanding produk yang dihasilkan oleh orang lain. Bila Anda menghabiskan waktu untuk memperhatikan dan membandingkan produk Anda dengan produk pesaing, maka hasil akhir yang diperoleh hanyalah sebagai follower produk serupa dari pesaing. Hindari memperhatikan produk pesaing dan mulailah fokus pada produk Anda sendiri agar berkembang.

Disamping upaya inovasi, selalu ingat dan fokus pada kepuasan pelanggan.  Segera perbaiki masukan dan keluhan mereka atas produk yang Anda hasilkan. Memproduksi produk berkualitas dan inovatif, merupakan tugas menantang bagi pemilik usaha. Sebagai produsen, seseorang perlu memiliki semangat untuk memberikan produk berkualitas secara konsisten. Kualitas tidak dapat dicapai secara tiba-tiba atau sebagai kebetulan, karena hal tersebut hanya bisa dicapai dengan tindakan disengaja menuju Excellence.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close