People Innovation Excellence
 

BUSINESS MODEL CANVAS GAME(BMC GAME)

BUSINESS MODEL CANVAS GAME

(BMC GAME)

 OLEH : JAJAT SUDRAJAT D5029

Sumber : https://www.strategyzer.com/canvas/business-model-canvas

 

Konsep Business Model Canvas (BMC). (Osterwalder, A., & Pigneur, Y. 2010), salahsatu konsep yang dipelajari dalam matakuliah entreprebeurship, BMC merupakan alat untuk mengetahui kondisi perusahaan yang sedang berjalan untuk dikembangkan atau untuk membuat ide bisnis yang akan dijalankan.

Berdasarkan gambar 1, konsep BMC terdiri dari 9 blok, yaitu Cutomer Segment (CS), Customer Realationship (CR), Channel, Value Propotion (VP), Key Activities (KA), Key Partner (KP), Key Resource (KR), Cost Structure (CS) dan Revenue Stream (RS). (Sudrajat 2018). Dalam matakuliah entrepreneurship I mahasiswa diberikan konsep BMC secara general, dan lebih spesifik membahas Value Propotiion (PV), karena suatu ide bisnis yang akan dijalankan harus dapat menjawab masalah yang dirasakan konsumen (Customer Segment), apabila ide bisnis sudah dapat menjelaskan Value Proposition dan Segmentasinya maka bisnis tersebut layak untuk djalankan, sehingga blok lainnya seperti Key Partner (KP) dapat dibuat.

Untuk menjelaskan sembilan blok BMC ini, selain setiap blok harus dapat dipahami mahasiswa, juga dosen harus dapat memberikan contoh bisnisnya dan tentunya definisinya, sebagai contoh pada saat menjelaskan Key Partner, mahasiswa harus mengerti bahwa ide bisnis yang dibuat apakah memerlukan partner/vendor siapa saja, bisa vendor untuk menyediakan bahan baku, atau vendor untuk menjual produknya. Lanjut dengan penjelasan Key Resource (KR), apakah ide bisnisnya memerlukan tenaga ahli dibidang apa saja, mahasiswa tidak perlu melihat kompetensi atau jurusan yang sedang dijalankan, misalnya mahasiswa jurusan IT, tentu sering ide bisnisnya tidak jauh-jauh dari aplikasi, namun apabila ide bisnisnya tentang aplikasi makanan, mahasiswa IT tidak perlu belajar membuat produk makanan, tentunya mahasiswa Hotel Manajemen yang lebih cocok, tetapi kembali lagi apakah ide bisnisnya membuat cafe dengan aplikasi order makanan dan minuman yang ada di cafe?. Atau ide bisnisnya hanya membuat aplikasi makanan dan minuman namun berpartner dengan cafe-cafe yang sudah berjalan.

Untuk itu kami membuat inovasi pembelajaran entrepreneurship dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) Game, untuk memudahkan mahasiswa memahami BMC.

Gambar 2. Sinopsis BMC Game

Sumber : Jajat Sudrajat. 2019

Gambar 3. BMC Game Cafe Kopi

Sumber : Jajat Sudrajat 2019

Berdasarkan Gambar 2 dan 3 diatas, Konsep BMC dibuat dalam bentuk permainan dengan metode komunikasi/dialog antara anggota kelompok mahasiswa menggunakan bahasa sederhana percakapan sehari-hari diantara mereka, sehingga diharapkan mahasiswa mampu memahami lebih cepat apa itu BMC.

 

Referensi :

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for

           Visionaries,Game Changers, and Challengers. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

 

Sudrajat, J. (2018). Inovation of Entrepreneurship Learning with Business Model Canvas Game. https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57188823135


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close