PANDUAN ENTREPRENEURSHIP EMBEDDED BUSINESS PROJECT 2 (BP2) SEMESTER GENAP 2018/2019 BINUS BUSINESS PLAN COMPETITION
- PENDAHULUAN
Sebagai bentuk implementasi dari ilmu entrepreneurship yang sudah dipelajari melalui tahap Entrepreneurship I (ENTR6003), Business Project I, dan Entrepreneurship II (ENTR6004), maka pada Business Project II ini mahasiswa akan membuktikan kemampuan mahasiswa dengan mengikuti BINUS Business Plan Competition. Kompetisi ini sendiri akan diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Business Project II (BP2).
- MATAKULIAH ENTREPRENEURSHIP EMBEDDED BUSINESS PROJECT 2 (BP2)
Berikut ini adalah daftar matakuliah Entrepreneurship Embedded Business Project 2 (BP2):
- PERSIAPAN
Tahap persiapan dimulai dari kelas masing-masing, adapun tahapannya adalah sebagai berikut:
- Pada minggu ke-2 perkuliahan, dosen kelas membagi kelas menjadi 5 (lima) – 7 (tujuh) orang stiap Kelompok.
- Setiap kelompok dipimpin oleh 1 (satu) orang ketua kelompok
- Setiap kelompok wajib membuat proposal Business Plan untuk diikut sertakan ke BINUS Business Plan Competition.
- Masing-masing kelompok bebas memilih 1 (satu) kategori ide bisnis
- Industri Perdagangan dan Jasa
Manufaktur, peternakan, perkebunan, perikanan, pertambangan, pengembangan property, kehutanan, tekstil, toko, ritel, keagenan, distributor, konsultan, transportasi, perawatan kesehatan, pendidikan, laundry, travel, event organizer
- Boga
Industri yang mengolah makanan dan minuman, restoran, franchise dan catering
- Kreatif
Periklanan arsitektur, barang seni, kerajinan, desain, fashion, video, film dan fotografi, permainan interaktif, music, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, televise dan radio, riset dan pengembangan
- Teknologi
Teknologi digital dan teknologi non digital
- Sosial
Pariwisata dan kreatif, pertanian dan kelautan
- Setiap mahasiswa harus mendaftarkan kelompok BP2 ke BINUS Entrepreneurship Center (BEC) dengan cara sebagai berikut:
- Pendaftaran setiap kelas dikoordinir oleh satu orang komti yang ditunjuk oleh Dosen atau kesepakatan bersama disetiap kelas BP2.
- Dosen memberikan template data kelompok untuk diisi oleh komti atau dapat dilihat di lampiran 1.
- Komti mengumpulkan data seluruh kelompok didalam kelasnya dan memastikan bahwa data tersebut sudah benar baik Nama, NIM, Nomor HP, Email, Nama Bisnis.
- Setelah data tersebut benar, komti mengirimkan data tersebut melalui email ke jumadi@binus.edu dan binusbec@gmail.com dalam format excell dengan Subject email : BP02/Kode Dosen/Nama Dosen/Kode Kelas
Contoh : BP02/D6789/Andi Budiman/LC33
Pengiriman data kelompok melalui email paling lambat Sabtu, 16 Maret 2019 pukul 17.00 WIB.
- PELAKSANAAN
Proposal terbaik, akan dipresentasikan pada pelaksanaan BINUS Business Plan Competition.
Teknik pelaksanaan seleksi :
- Dosen kelas menilai semua proposal kelompok di kelas tersebut berdasarkan form penilaian di lampiran 1
- Dosen kelas merekomendasikan 1 proposal terbaik dituliskan di form penilaian
- Komti menyerahkan proposal hard copy berserta form nilai ke :
- BINUS Entrepreneurship Center (BEC) bagi mahasiswa Kampus Kemanggisan
- Global Employability & Entrepreneurship Center (GEEC) bagi mahasiswa Kampus Alam Sutera
- Employability & Entrepreneurship Center (EEC) bagi mahasiswa Kampus Bekasi
- Pengumpulan proposal paling lambat Senin 1 April 2019 pukul 17.00 WIB
- BINUS Entrepreneurship Center (BEC) melakukan penilaian seluruh proposal yang masuk.
- 10 (sepuluh) proposal terbaik setiap kampus akan diumumkan melalui Binusmaya pada tanggal 29 April 2019
- 10 (sepuluh) kelompok terbaik akan mempresentasikan Business Plan dengan menyertakan Prototype pada BINUS Festival tanggal 13 Mei 2019 di kampus masing-masing
- Waktu presentasi adalah 20 (dua puluh) menit per kelompok (termasuk tanyak jawab)
- Proposal terbaik akan mendapatkan hadiah:
- Juara I
- Juara II
- Juara III
- Penampilan Favorit
- PELAKSANAANa. Persyaratan Setiap KelompokSetiap kelompok harus membawa:
- PPT
Isi PPT dapat dikembangkan sesuai dengan kreativitas kelompok, tetapi harus mencakup 3 hal:
- Latar belakang masalah atau masalah yang melatarbelakangi Business Plan ini
- Keunggulan produk
- Peluang pasar
- Prototype
- Laptop
- Sistematika Penyusunan Proposal
- Proposal maksimal 10 (sepuluh) halaman dihitung mulai pendahuluan sampai dengan jadwal kegiatan (tidak termasuk halaman kulit muka, halaman pengesahan, daftar isi, ringkasan, daftar gambar, biodata pengusul dan dosen pendamping, surat pernyataan ketua);
- Proposal mengacu kepada sistematika penulisan dalam template proposal (Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4 margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Halaman sampul sampai dengan Ringkasan diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,..dst yang diletakkan pada sudut kanan bawah, sedangkan halaman utama yang dimulai dari Pendahulan sampai dengan halaman Lampiran diberi halaman dengan angka arab: 1, 2, 3, …dst yang di letakkan pada sudut kanan atas.)
- KRITERIA PENILAIAN
Nilai diambil berdasarkan nilai dari dosen kelas reguler (50%) dan nilai dosen BEC (50%)
Lampiran 3
Sistematika Pembuatan Proposal
RINGKASAN
Pada bagian ini kemukakan perkembangan bisnis yang telah dilakukan dan rencana kedepan dalam rangka mencapai tujuan dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan selanjutnya.
BAB I: Pendahuluan
Uraikan latar belakang, alasan yang mendasari, dan urgensi (keutamaan) kegiatan kewirausahaan yang dijalankan serta mengidentifikasi peluang bisniskedepan dan kelayakan bisnis tersebut. Selain itu, tunjukkan masalah yang menjadi prioritas dalam kegiatan kedepan. Luaran dan pertumbuhan usaha yang diharapkan dari kegiatan ini dan manfaat kegiatan juga harus disajikan pada bab ini.
BAB II Pelaksanaan
- Deskripsi produk/jasa dan proses produksi
- Menjelaskan keunggulan produk utama/unggulan dan produk sampingan
- Menjelaskan proses yang telah dilakukan untuk menghasilkan produk/jasa unggulan
2. Pelayanan pelanggan
- Siapa pelanggan utama Anda?
- Jelaskan Kepuasan pelanggan Anda?
- Jelaskan Kualitas pelayanan Anda
3. Pemasaran
- Jelaskan suara pelanggan anda (apa Kebutuhaan dan keinginannya)
- Bagaimana Anda memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan tersebut?
- Jelaskan marketing strategy anda (segementasi, targeting dan posisioning bisnis Anda)
- Jelaskan taktik pemasaran anda (diferensiasi, marketing mix dan seling Anda)
- Jelaskan marketing value anda (memelihara citra, service dan proses bisnis Anda)
- Jelaskan mengenai Competitor anda
4. Keuangan
- Cash Flow
- Harga pokok produksi
- BEP
- Payback Periode
- ROI
BAB III Manajemen bisnis
- Jelas pola pengelolaan bisnis dan pembagian tugas anggota tim.
- Keterlibatan anggota tim kerja dalam berkontribusi pada bisnis
- Kepuasan anggota tim kerja
- Rencana pengembangan bisnis
DAFTAR PERSONIL
Dalam memudahkan pertukaran informasi dan pemecahan masalah yang dihadapi mahasiswa terkait pelaksanaan kegiatan ini, berikut adalah data personil:
- Binus Entrepreneurship Center (BEC) untuk mahasiswa di Kampus Kemanggisan
- Global Employability & Entrepreneurship Center (GEEC) untuk mahasiswa di kampus Alam Sutera
- Employability & Entrepreneurship Center (EEC)untuk mahasiswa di kampus Bekasi
Published at :