People Innovation Excellence
 

PANDUAN ENTREPRENEURSHIP EMBEDDED BUSINESS PROJECT 1 (BP1) SEMESTER GENAP 2018/2019 STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME)

  1. PENDAHULUAN

 

BINUS FESTIVAL merupakan salah satu agenda Binus University dimana salah satu kegiatan didalamnya adalah STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) yang dikoordinir oleh Binus Entrepreneurship Center (BEC). STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) yang merupakan kegiatan rutin setiap semester untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Entrepreneurship Embedded – Business Project 1 (BP1). Kegiatan ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk merasakan atmosfer bisnis dengan terlibat langsung dan memberikan pelayanan pada customer. Mahasiswa dibebaskan untuk memilih jenis bisnis apapun yang ingin ditampilkan di STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME). Tujuan dari STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) adalah memberikan pengalaman pada mahasiswa tentang bagaimana mengelola sebuah bisnis, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga tahap evaluasi dan problem solving.

 

  1. MATAKULIAH ENTREPRENEURSHIP EMBEDDED BUSINESS PROJECT 1 (BP1)

 

Berikut ini adalah daftar matakuliah Entrepreneurship Embedded Business Project 1 (BP1):

 

Course
No Code Long Title
1 DSGN6237 Character Design
2 ISYS6163 Advanced Information System Analysis and Design
3 SOCS6020 Imagining Me: Interpersonal Communication in the Digital World
4 LAWS6090 Investment Law
5 INTR6076 ASEAN Community: Security, Economic, and Socio-Cultural Aspects
6 CPEN6081 Digital System
7 FINC7047 Corporate Financial Management
8 FOOD6019 Food Processing Technology
9 COMM6109 Marketing Public Relations Writing
10 COMM6078 Radio and Television Script Writing
11 COMP6100 Software Engineering
12 INTR6087 An ASEAN Community: Security, Economy and Society
13 COMP6230 Software Engineering
14 ENTR6014 Entrepreneurship Business Project I
15 COMP6271 Software Engineering
16 STAT6115 Statistical Quality Control
17 DSGN7241 Graphic Reproduction Methods
18 CHIN6094 Reading Chinese Newspaper
19 ENTR6056 Entrepreneurial Marketing & Finance
20 ISYS6340 Information System Investigation
21 CIVL6066 Construction Material Technology

 

22 TRSM6139 E-Business and Digital Media for Tourism
23 JAPN6109 Writing and Reading IV (Kakikata to Yomikata IV)
24 FINC8071 Investment Analysis and Portfolio Management
25 DSGN7267 Graphic Reproduction Methods I
26 F1155 Corporate Financial Management
27 HTMN6023 The Art Of Wine and Coffee
28 JAPN6016 Writing and Reading IV (Kakikata to Yomikata IV)
29 U1084 Graphic Reproduction Methods I
30 COMM6089 Photography for Journalistic and Digital Journalism
31 COMM6119 Communications in Crisis
32 O0764 Crisis Communication and Public Relations
33 ISYS6015 Accounting Information Systems Analysis and Design
34 M0126 Advanced Information System Analysis and Design
35 COMP6229 Software Engineering
36 DSGN6365 Portfolio Presentation
37 HTMN6019 Indonesian Cuisine
38 W0664 Portfolio Presentation
39 W0644 Three Dimensional Design
40 FILM6092 Production Workshop II
41 ARCH6072 Building Material Knowledge
42 DSGN6010 Architectural Photography
43 INTR6018 International Organization in International Relations
44 INTR8019 ASEAN Community: Security, Economic, and Socio-Cultural Aspects
45 ARCH6071 Property Assessment I

 

  1. PERSIAPAN

Tahap persiapan dimulai dari kelas masing-masing, adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

a. Pada Minggu ke-2 perkuliahan, dosen membagi kelompok yang terdiri dari 5 (lima) – 7 (tujuh) mahasiswa per kelompok

b. Setiap kelompok dipimpin oleh 1 (satu) orang ketua kelompok

c. Masing-masing kelompok bebas memilih 1 (satu) kategori ide bisnis:

  1. Industri Perdagangan dan Jasa
    Manufaktur, peternakan, perkebunan, perikanan, pertambangan, pengembangan property, kehutanan, tekstil, toko, ritel, keagenan, distributor, konsultan, transportasi, perawatan kesehatan, pendidikan, laundry, travel, event organizer
  2. Boga
    Industri yang mengolah makanan dan minuman, restoran, franchise dan catering
  3. Kreatif
    Periklanan arsitektur, barang seni, kerajinan, desain, fashion, video, film dan fotografi, permainan interaktif, music, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, televi dan radio, riset dan pengembangan
  4. Teknologi 
    Teknologi digital dan teknologi non digital
  5. Sosial
    Pariwisata dan kreatif, pertanian dan kelautan

d. Setiap mahasiswa harus mendaftarkan keikutsertaan kelompok BP1 dalam acara Student’s Local Market Experience dengan cara sebagai berikut:

  1. Pendaftaran setiap kelas dipegang oleh satu orang Komti yang ditunjuk oleh Dosen atau kesepakatan bersama disetiap kelas BP1.
  2. Dosen memberikan template data kelompok untuk diisi oleh komti atau dapat dilihat di Lampiran 2.
  3. Komti mengumpulkan data seluruh kelompok didalam kelasnya dan memastikan bahwa data tersebut sudah benar baik Nama, NIM, Nomor HP, Email, Nama Bisnis.
  4. Setelah data tersebut benar, komti mengirimkan data tersebut ke email jumadi@binus.edu dan binusbec@gmail.com dalam format excell dengan Subject email : BP1/ kode dosen/nama dosen/kode kelas

    Contoh : BP1 /D3451/Andi Budiman/LC33
  5. Pengiriman data kelompok melalui email paling lambat Sabtu 16 Maret 2019 pukul 17.00 WIB.
    1. PELAKSANAAN

    Pelaksanaan STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) dilakukan setelah pelaksaanaan BINUS Festival. Adapun jadwalnya adalah sebagai berikut:

     

    Table 1 Jadwal Pelaksanaan SLME

    Kampus Kemanggisan
    Kampus Alam Sutera
    Kampus Bekasi
    Hari / Tanggal 14 Mei – 21 Mei* 14 Mei – 21 Mei* 14 Mei – 21 Mei*
    Tempat Balkon lantai 2,3,4 Lobby Dalam,Lobby Luar, Lorong Library, Atrium dan Drop Off Multimedia Galery
    Waktu (WIB) 10.00 – 16.00 10.00 – 16.00 10.00 – 16.00

     

    *Berakhirnya pelaksanaan SLME berdasarkan banyaknya jumlah kelompok yang mendaftar

     

    1. Perlengkapan Setiap Kelompok

    a. Perlengkapan yang harus dibawa

i.Company Profile

Mahasiswa diminta membuat sebuah Company Profile singkat yang berisi gambaran singkat tentang bisnis yang dipamerkan di STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME).

Company Profile harus berisi tentang:

  • Gambaran Umum Perusahaan
  • Gambaran Umum Produk
  • Gambaran Singkat Process Business
  • Value Proposition dari bisnis tersebut
  • Contact Us
  • Dilengkapi dengan foto-foto pendukungContoh Company Profile – Lampiran 3ii. CatalogueMahasiswa diminta bisa mendeskripsikan secara singkat dan lengkap tentang produk/jasa yang dipamerkan. Catalogue didesain secara menarik layaknya Catalogue dalam bisnis sesungguhnya.

    Catalogue berisi tentang:

    • Deskripsi singkat dan jelas tentang bisnis
    • Gambar pendukung berupa foto produk
    • Spesifikasi produk, berupa ukuran, material
    • Jenis – jenis produk, beserta harga (jika produk tidak hanya 1 (satu) macam)
    • Benefit yang ditawarkan pada pengguna

    Contoh Catalogue – Lampiran 4

     

     

     

     

iii. X-Banner/Poster (optional)

  •  X-Banner digunakan sebagai media untuk menarik calon customer. X-Banner akan dipasang di lokasi STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME). Ketentuan X-Banner:
  • Print Full Color
  • Ukuran 60 x 160 cm.
  • Bahan Flexy China
  • Finishing bebas (doff/glossy)
  • Mata Ayam untuk pemasangan

Content X-Banner/Poster:

Mewakili jenis Product secara visual.

Diharapkan pengunjung STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) bisa tertarik dengan desain X-Banner/Poster yang ditampilkan hingga memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memberikan penjelasan lebih jauh

Contoh Poster – Lampiran 5

 

iv. Media Sosial

Media Sosial digunakan sebagai sarana promosi. Artinya, mahasiswa diminta untuk memberikan segala hal yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli produk mereka. Media Sosial diharapkan memenuhi unsur promosi yang diperlukan untuk menarik calon konsumen. Format Media Sosial bebas–atraktif.

 

Contoh Media Sosial – Lampiran 6

 

  1. Teknis Pelaksanaan
  • Informasi pembagian nomer meja dan tempat pelaksanaan akan di umumkan melalui Private Message (PM) Binusmaya pada hari Selasa tanggal 7 Mei 2019
  • Waktu pelaksanaan STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) dimulai pukul 10.00 – 16.00 WIB
  • Juri STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) akan di atur oleh tim panitia
  • Waktu penilaian oleh juri antara pukul 10.00 – 16.00 WIB sesuai dengan kesediaan juri, 1 (satu) kelompok akan dinilai oleh dua orang juri.
  • Jika kelompok belum dinilai karena sedang melaksanakan kuliah, segera laporkan ke tim Binus Entrepreneurship Center (BEC) untuk Kampus Kemanggisan, ke tim Global Employability & Entrepreneurship (GEE) untuk Kampus Alam Sutera dan ke tim Academic & Student Development (ASD) untuk Kampus Bekasi
  • Setelah pukul 16.00 seluruh peserta kelompok bertanggung jawab terhadap kebersihan meja masing-masing
  • Mahasiswa yang merangkap sebagai Asisten Laboratorium pada saat pelaksanaan SLME, diperbolehkan tidak hadir di pelaksanaan SLME selama jam mengajar dengan catatan harus memberikan surat keterangan sebagai Asisten Laboratorium.

 

  1. PENILAIAN

Penilaian Tugas Mandiri (TM) diambil dari: Nilai STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) yaitu nilai yang didapat dari penilaian juri lapangan saat STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) berlangsung atau penilaian Tugas Mandiri yang diberikan oleh dosen BEC bagi mahasiswa yang melaksanakan perkuliahan secara online.

Nilai Tugas Mandiri (TM) dianggap 0 (nol), apabila:

  • Mahasiswa tidak mendaftarkan diri sebagai anggota kelompok
  • Mahasiswa tidak  hadir  pada  saat  pelaksanaan  STUDENT’S  LOCAL  MARKET EXPERIENCE (SLME)
  • Mahasiswa yang sudah terdaftar sebagai anggota kelompok, tetapi tidak dapat hadir pada saat pelaksanaan STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME), nilai dapat diproses apabila mahasiswa mengirimkan surat keterangan yang menjelaskan alasan ketidakhadiran, ditandatangani oleh Deputy Head of Program dan melengkapi dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

  1. PELANGGARAN TERHADAP PELAKSANAAN STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME)

Selama pelaksanaan STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME), peserta harus mematuhi peraturan yang berlaku. Pelanggaran dalam pelaksanaan STUDENT’S LOCAL MARKET EXPERIENCE (SLME) maka Nilai Tugas Mandiri (TM) dianggap 0 (nol).

    1. MAHASISWA PERKULIAHAN ONLINE

Bagi mahasiswa regular yang mengikuti perkuliahan secara online, Binus Enterpreneurship Center (BEC) akan memberikan tugas pengganti yang diumumkan melalui:

      1. Binusmaya
        Menu: Support > Download Center > Undergraduate > BINUS Festival > Tugas Online ENTR6003 Semester Genap 2018/2019
      1. Lampiran 3 Panduan BP1
        Pengumpulan tugas online paling lambat pada 6 Mei 2019, dengan mengumpulkan file soft copy ke email: tugasentre@binus.edu. Subject email: BP1_ONLINE/KELAS/KODE DOSEN/KELAS

Contoh: BP1_ONLINE/LA33/DA0001/FATHURRAHMAN

 

Lampiran 1

Lampiran 2.

 

Lampiran 3

 

 

Lampiran 4

 

 

Lampiran 5

 

Lampiran 6

 

 

Lampiran 7

Tugas Pengganti Business Project 1 untuk Mahasiswa Regular yang mengikuti perkuliahan secara ONLINE

BP1 – Business Project 1

Write 3 (three) entrepreneurial articles, at least 300 words each + a picture/table/diagram that support the articles. Each articles should use at least 2 (two) journals for the references. The three journals should be attached.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close